Sharing Membangun Dunia Broadcast Dengan Cerdas dan Terampil

Berita Berita Fakultas Berita Kemahasiswaan

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Kamis, 10/11  Pukul 14.10 WIB mahasiswa FUAD IAIN Pontianak, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2022. Telah melangsungkan giat via zoom meet, dengan tema Sharing Membangun Dunia Broadcast Dengan Cerdas dan Terampil, dengan narasumber Drs. KRT. W. Pandapotan Rambe, M.S.I (Radio Man).

Menjadi seorang penyiar butuh kerajinan dalam membaca, sebab membaca adalah suatu proses yang dilakukan oleh seorang pembaca guna untuk mendapatkan pesan dari seorang penulis melalui bahasa tulis. Karena dengan membaca biasa mendapatkan suatu berita, menambah wawasan identik dengan penambahan ilmu pengetahuan yang belum diketahui. Apalagi dalam dunia penyiaran sangat dibutuhkan penguasaan dalam menyiarkan berita.

Bang Potan Rambe juga mengatakan menjadi seorang penyiar itu harus percaya diri, bukan sebab kemampuan yang kita miliki, namun dari kita sendiri mau atau tidak untuk menjadi seorang penyiar.beliau juga tak sungkan untuk memberikan mata pelajaran yang didapat saat kuliah dulu kepada mahasiswi KPI atas nama Monalisa. Memberikan pengalaman dan tips menjadi seorang penyiar radio dari zaman dulu hingga kini. Hal ini disampaikan langsung oleh seorang penyiar dari Jawa tengah, selaku narasumber dan didampingi oleh Ibu Juniawati, S.Sos.I, M.Sc selaku dosen Pengantar Broadcasting di Program Studi KPI FUAD IAIN Pontianak. Sebelumnya Kuliah Broadcasting juga pernah menghadirkan penyiar dari Radio Sonora Pontianak, dan Radio RRI Pontianak, yang semuanya adalah alumni Program Studi KPI IAIN Pontianak.

Peminat atau pendengar radio sekarang lebih meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, apalagi saat seluruh masyarakat terdampak Covid-19 dan itu membuat pendengar semakin meminati radio,bang potan rambe juga legowo menawari mahasiswa/i untuk nantinya praktek langsung untuk menjadi seorang penyiar yang baik dipertemuan selanjutnya. Antusias Seluruh mahasiswa dan mahasiswi KPI mendengarkan apa yang telah disampaikan oleh pemateri sebab pengalaman yang beliau berikan sangatlah menarik, meskipun dalam kegiatan sharing banyak sekali kendala dari terputusnya zoom sebab sinyal dan waktu, namun sharing tetap berlanjut sebab semangat bang potan rambe dalam membagikan pengalaman dan ilmunya kepada mahasiswa KPI IAIN Pontianak.

Pesan Bang Potan Rambe, Radio Man: Jangan pernah minder dengan kualitas suaramu yang tidak seperti penyiar radio diluar sana, sebab jika kemauanmu melebihi kualitas suaramu maka nanti kamu akan menjadi seorang penyiar yang hebat.

Penulis: Musarrofah

Editor: D. Daremadi JA