Profesor SAA IAIN Pontianak Uji Calon Doktor UIN Sunan Gunung Jati Bandung

Berita Berita Prodi SAA IAIN Pontianak

Bandung – fuad.iainptk.ac.id, Selasa, 16/8, Prof. Dr. H. Zaenuddin, MA yang merupakan Guru Besar Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak menjadi penguji tamu di Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung.

Prof. Dr. H. Zaenuddin, MA selaku guru besar bidang ilmu studi agama pada FUAD IAIN Pontianak menguji calon doktor dari Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung yaitu Moch Riza Fahmi (3190310006) dengan judul disertasi Multikulturalisme Di Azerbaijan (Studi Relasi Agama, Negara, dan Masyarakat).

Zaenuddin merasa bangga dipercaya menjadi penguji tamu dikampus yang dikenal sebagai salah satu kampus Islam terbesar di Indonesia.

“Saya senang dipercaya oleh pihak Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung menguji calon doktornya. Tentu kepercayaan mereka bukan tanpa alasan karena bidang ilmu saya sangat relevan dengan kajian disertasi saudara Riza Fahmi, ditambah pula saya memiliki pengalaman menimba dan menjelajahi ilmu di Benua Eropa dan Benua Amerika,” ujar Prof. Zae.

“Karakteristik hubungan antar agama, Negara, dan masyarakat cukup menarik di Negara Azerbaijan. Yang tentu sangat berbeda jauh dengan pola relasi kebaragamaan, bernegeraa dan bermasyarakat dengan Negara kita Indonesia. Nah ini yang menarik karena 97 % penduduk Azerbaijan adalah orang Islam, yang didominasi aliran Syiah 85%, dan sisanya 12% Sunni. Namun kehidupan masyarakat disana cukup liberal dan hedonisme, yang sangat dipengaruhi gaya hidup orang Barat,” seloroh Bung Zae, panggilan akrabnya, mengkahiri pembicaraan via WA.

Penulis: D. Darmadi JA
Editor: Sri W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *