fbpx
Home / Berita / Hari Santri, Tokoh Kalbar Apresiasi Webinar Pendiri TQN Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy

Hari Santri, Tokoh Kalbar Apresiasi Webinar Pendiri TQN Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, dilaksanakan kegiatan Webinar Hari Santri dengan tema “Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy Ulama Nusantara Pendiri Tarikat Qadiriyah Naqsyabandiyah”. Krgiatan ini diselenggarakan Tas kernasama Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dengan Yayasan TQN Khatibiyah Sambas. Adapun narasumber kegiatan ini yaitu dari PWNU Kalimantan Barat, PWM Kalimantan Barat, MUI Kalimantan Barat, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat.

Dr. Ismail Ruslan, M.Si selaku Dekan FUAD IAIN Pontianak dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Kami merasa bangga bisa menyelenggarakan webinar ini, cara kami untuk menghargai kiprah dan warisan para ulama di Kalimantan Barat. Kegiatan ini juga momentum peringatan hari santri”, ujarnya.

Pada iftitah, Rois Syuriah PWNU Kalimantan Barat, Drs. KH. Syahrul Yadi, M.Si menyampaikan bahwa kami sangat mengapresiasi terhadap webinar ini sebagai usaha untuk mengenalkan ulama asli Kalimantan Barat, yang kiprah dan jasanya tidak hanya dikenal secara nasional tapi juga dikenal hingga internasional.

Apresiasi juga disampaikan Drs. H. Ridwansyah, M.Si selaku Kakanwil. Kemenag. Kalba. Kementerian Agama memberikan apresiasi terhadap upaya-upaya untuk mengenal ulama nusantara khususnya di Sambas, satu diantaranya yang telah kami lakukan ialah
pendirian MAN IC Sambas sebagai ikhtiar untuk mengenang kiprah dan jasa Syaikh Ahmad Khatib As-Sambasy.

Drs. KH. M. Basri HAR selaku Ketua Umum MUI Kalimantan Barat juga mengulas biografi tentang Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy. Beliau juga
mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada FUAD IAIN Pontianak yang telah menyelenggarakan webinar ini. MUI Kalbar Sangat Optimis dengan kiprah Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy ini, layak untuk diberikan penghargaan gelar pahlawan nasional, dan juga berpesan jika belum tercapai, maka jangan berkecil hati karena sejatinya beliau secara de facto memanglah sosok pejuang yang tidak diragukan lagi kiprahnya, terutama dalam kesufiannya.

Dr. H. Pabali Musa, M.Ag sebagai Ketua PWM Kalimantan Barat m memberikan U
ulasan biografi Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy dari perspektif filisofis sosio historisnya. Apresiasi dan mohon doa dan dukungan kepada semua pihak yang terlibat untuk mengenal Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy ini. Harapannya semoga beliau bisa di anugerahkan gelar pahlawan nasional. Bangga bisa terlibat dalam memberikan kontribusi khususnya dalam melakukan penelitian dan pengkajian tentang beliau.

Dr. Adnan Mahdi, M.S.I selaku Sekretaris Umum Yayasan TQN Khatibiyah Sambas mengulas sedikit tentang amaliyah dan biografi Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, mohon dukungan kepada alim ulama, orangtua, guru, mursyid, dan seluruh pihak, khususnya Ikhwan TQN Khatibiyah Sambas agar mendoakan nama beliau masuk dalam deretan nama pahlawan nasional yang akan diumumkan tanggal 10 Nopember oleh pemerintah RI, harapnya.

Humas FUAD juga menginformasikan untuk ke depan akan ada seri berikutnya dari webinar tentang Syekh Ahmad Khatib As-Sambasy, yang akan menghadirkan narasumber dan pakar nasional dan internasional, silakan simak pada kesempatan mendatang.

Penulis: Bob Andrian
Editor: Junaidi Abidin

About adminfuad

Check Also

MUBES – V HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Sukses Menetapkan Formatur Baru

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Rabu, 20/01,lalu,  Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com