fbpx
Home / Berita / Webinar dan Launching Buku Borneo’s Islamic Heritage Psikologi Islam

Webinar dan Launching Buku Borneo’s Islamic Heritage Psikologi Islam

Pontianak- fuad.iainptk.ac.id, Ahad, 18/10, telah dilaksanakan kegiatan webinar dan launching buku. Kegiatan ini kerjasama Program Studi Psikologi Islam FUAD IAIN Pontianak dengan HMPS Psikologi Islam FUAD IAIN Pontianak Periode 2019/2020.

Mahasiswa Prodi. Psikologi Islam FUAD IAIN Pontianak mengadakan kegiatan Webinar sekaligus Launching Buku Borneo’s Islamic Heritage. Kegiatan ini pun dilakukan secara daring. Kegiatan ini khusus diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Psikologi Islam, dari angkatan tahun 2017 sampai angakatan tahun 2020.

Webinar ini pun disusun sedemikan rupa seperti webinar pada umumnya. Buku yang dilaunching ini pun merupakan buku yang berisi kumpulan hasil riset-riset mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2017. Didalam buku ini pun terdapat berbagai judul tema riset. Riset ini pun dilakukan dibeberapa daerah seperti di daerah Kubu, Wajok Hilir, Desa Sengkubang, dan beberapa daerah lainnya.

Judul tema-tema riset yang dibawa pada hari ini adalah yang pertama “Orang Kubu dan Mitos Antu Laot” oleh Febriansyah. Yang kedua “Pengobatan Santet dengan Ritual Mandi-mandian di Desa Sengkubang” oleh Putri Nanda Riana, Fikda Nurul Aminah, Emilda Febriani, dan Dian Sukmawati. Yang ketiga “Tradisi Tundang Mayang (Syair Lisan Melayu yang Hampir Punah)” oleh Debi Afriani, Hizzatul Warohmah, Evi Gustia Aini, dan Pratiwi. Dan yang keempat adalah “Basoh Lantai” oleh Ilma Karmila dan Isti Aprianti.

Dalam rangkaian acaranya, Ketua HMPS Psikologi Islam, Ibnul Hajjad memberikan sambutannya yang menekankan pentingnya dukungan kawan-kawan mahasiswa PI.

Setelah itu pembukaan dan sambutan sekaligus Launching Buku, yang disampaikan oleh Kaprodi Psikologi Islam yaitu Bapak Dr. H. Hariansyah, M.Si. Beliau menyampaikan selamat kepada mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2017 yang telah membuat sebuah karya berupa buku. Beliau juga menyampaikan banyak terimakasih kepada mahasiswa Psikologi Islam angkatan 2017 yang telah melakukan riset dan berkontribusi turun langsung dalam melakukan riset ini.

Memasuki acara inti webinar. Dengan penyampaian-penyampaian materi oleh beberapa pemateri sesuai dengan judul tema riset yang dilkukannya. Pemateri-pemateri tersebut adalah Febriansyah, Putri Nanda Riana, Fikda Nurul Aminah, Debi Afriani, Hizzatul Warohmah, dan yang terakhir Ilma Karmila.

Setelah penyampaian materi pun, tidak lupa dibuka sesi diskusi tanya jawab yang dilakukan oleh peserta dan pemateri. Banyak peserta yang berkontribusi. Diskusi pun sangat menarik dan berjalan lancar. Semua peserta pun sangat antusias untuk mendengarkannya. Karena tema-tema riset sangat menarik perhatian mereka.

Diakhir diskusi pun tidak lupa Bapak Dr. H. Hariansyah, M.Si selaku kaprodi dari Psikologi islam menyampaikan elaborasi dari keseluruhan materi yang disampaikan pemateri pada hari ini. Beliau pun menyampaikan bahwa diadakannya webinar dengan tema riset seperti ini dapat membuka dan memberikan wawasan yang sangat luas kepada kita, khususnya mahasiswa Psikologi Islam. Karena kita mendapat berbagai ilmu dan pengetahuan baru pada kegiatan kali ini.

Penulis: HMPS PI
Editor: Junaidi Abidin

About adminfuad

Check Also

Peran Puasa dalam Kesehatan Jiwa, Ramadhan Bersama PI (Series 2)

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Pengurus HMPS PI mengadakan talkshow Ramadhan bersama Psikologi Islam series 2 dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com