| |

Mahasiswa Psikologi Islam Implementasikan Psikologi Perkembangan Melalui Aksi Turun Lapangan

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Mahasiswa Jurusan Psikologi Kelas 4C IAIN Pontianak  telah menghasilkan program yang inovatif dalam berbagai kegiatan yang menggambarkan pemahaman mereka tentang psikologi perkembangan. Tugas mata kuliah psikologi perkembangan ini menjadi momen yang membanggakan bagi kelas 4C, di mana para mahasiswa berusaha untuk menerapkan pemahaman mereka tentang perkembangan manusia ke dalam karya-karya nyata.  Kamis, 27/06.

Melihat hal tersebut, Dosen pengampu mata kuliah psikologi perkembangn ibu Ema Zati Baroroh ,.S.Psi,.M.Psi. PSIKOLOG memberi tanggapan : “ saya merasa senang, bahwa mahasiswa tidak hanya memahami teori, dan juga sedikit-sedikit dilatih untuk bisa mengimplemetasikannya melalui program-program. Program ini selain membantu mahasiswa memahami materi lebih baik, namun bisa menjadi sarana berbagi dan pengabdian kepada masyarakat atau lingkungan, juga khususnya bagi orang-orang yang membutuhkan. semoga mahasiswa semakin semangat lagi untuk bisa turun ke lapangan dan mengimplementasikan apa yang sudah di pelajari”.

“Saya sebagai Kepala Program Studi Psikologi Islam dengan senang hati memberikan tanggapan yang positif dan penuh dukungan terhadap mahasiswa kita yang berhasil menciptakan program berbasis perkembangan yang inovatif dan kreatif. Prodi akan memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa. mahsiswa teruslah berkarya!”” tanggapan bapak Abdullah Syifa kepala program studi psikologi islam IAIN Pontianak.

Mahasiswa mempunyai kerja tim yang solid dan  semangat belajar yang tinggi, sehingga mereka berhasil menciptakan program yang sangat membantu. Berikut Beberapa pengimplementasian kegiatan dan program mahasiswa psikologi islam kelas 4 C :

  1. Implementasi Program Berbasis Perkembangan “Pengenalan Psikoedukasi Dalam Upaya Mengatasi Kenekatan Remaja Di Mts S Darum Ulum Kubu Raya” (Oleh : Khairunnisa Siregar, Alief Siwi F, Dina Lestari Dan Indah)
  2. Program Implementasi Perkembangan Bimbingan Karir Remaja Anak Panti Asuhan Tunas Melati di Bawah Bimbingan Dosen Pembimbing Ema Zati Baroroh , M.PSi., PSIKOLOG: Membuka Peluang Emas untuk Masa Depan yang Cerah” ( oleh : Intan Nurul Fajriany, Sirrulniharatullaili, Sulis, Denada dan Aimmatulwasilah)
  3. “Mahasiswa Psikologi Islam IAIN Pontianak Mengimplementasikan Program Pengenalan Emosi Dasar pada Anak-anak di Panti Asuhan Harapan Bangsa dengan Bimbingan Dosen Pengampu Ibu Ema Zati Baroroh, S.Psi, M.Psi, Psikolog” (oleh : syafri wagianto, khayrul hamsyah, muhaddist, arya bayu mehndra, dan sahidi)
  4. Program Implementasi Berbasis Perkembangan “Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Interaksi Sosial“ Sdn 34 Pontianak Kota ( oleh : Shahnaz Haqqani, Nafisa Nurfajrina, Widya Gentaria, Suhailia Wati dan Khaula Maryam Azkia)

Program-program ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi mahasiswa kelas 4C dalam memahami serta mengimplementasikan konsep-konsep psikologi perkembangan ke dalam kegiatan praktis yang dapat memberikan manfaat langsung kepada anak-anak bangsa. Kehadiran program-program inovatif ini juga mendapatkan apresiasi dari pihak berwenang dan masyarakat setempat. Mereka melihat bahwa kontribusi mahasiswa psikologi dalam mengimplementasikan pemahaman psikologi perkembangan adalah langkah yang sangat berarti dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan anak-anak bangsa indonesia secara keseluruhan.

Melalui pengalaman ini, Semoga kami dapat menginspirasi generasi mahasiswa lainnya untuk melibatkan diri aktif dalam pembelajaran dan memanfaatkan pengetahuan mereka untuk memberikan dampak positif pada anak-anak Indonesia.

Penulis : Khairunnisa Siregar

Editor: Didi Darmadi

Similar Posts