fbpx
Home / Berita / Baharuddin: Pendidikan Islam Tercermin dari Pola Komunikasi Lisan Orangtua Terhadap Anak

Baharuddin: Pendidikan Islam Tercermin dari Pola Komunikasi Lisan Orangtua Terhadap Anak

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Baharuddin,  dosen IAIN Pontianak ini menjadi salah satu pemakalah di cluster religion-education 1  International Conference On Religion On Humanity And Development (ICRHD) 2020 FUAD IAIN Pontianak yang diselenggarakan di gedung FUAD IAIN Pontianak, Senin tanggal 16/3

Ia mempresentasikan makalah dengan judul  “Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Akhlak Anak Dilihat Dari Bentuk Komunikasi Lisan Orang Tua”, Ia menjelaskan betapa pentingnya peranan orang tua dalam penanaman akhlak seorang anak.

Dalam penjelasannya, Baharuddin menyampaikan bahwa sesuai dengan ungkapan pepatah lama “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, begitu pulalah akhlak seorang anak yang mencontoh pada orang tuanya.

Ia juga menegaskan bahwa akhlak yang baik takkan tertanam dengan kokoh pada diri seorang anak apabila tidak ada komunikasi yang baik yang terjalin antara orang tua dan anak. Dan tidak hanya akhlak, bagaimana cara orang tua berkomunikasi dengan anaknya akan berimbas pada kondisi mentalnya juga.

“Dalam Islam, komunikasi yang baik itu diukur dengan Al-Qur’an dan Hadits.” tambahnya

Sebelum mengakhiri presentasinya, Baharuddin menghimbau kepada audiens, yakni mahasiswa FUAD IAIN Pontianak  saat itu untuk tidak menggunakan kata-kata kasar di depan anak-anaknya kelak. Gunakan metode komunikasi yang baik yang telah diajarakan dalam Al-Qur’an dan Hadits tersebut.

“Inilah tantangan kita untuk memperbaiki diri kita agar menjadi orang tua yang baik untuk anak kita.” Ujarnya

Penulis: Fatmawati Uswatun Hasanah

Editor: Didi Darmadi

 

 

Penulis: Fatmawati Uswatun Hasanah

About adminfuad

Check Also

Erick Nugraha Paparkan Tranformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Wujud Moderasi dalam Dunia Pendidikan

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Pemimpin merupakan seorang yang dapat mempengaruhi orang lain, dalam mengambil tindakan atau keputusan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *