| |

Mahasiswa IAT Ajak Santri Pondok Pesantren Al-Fatah Ngaji Kitab Tafsir Al-Muyassar

Singkawang – fuad.iainptk.ac.id, Mahasiswa program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) FUAD IAIN Pontianak yang melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Pondok Pesantren Al-Fatah, Singkawang mengadakan kegiatan Kajian Kitab Tafsir Al-Muyassar pada malam Rabu, 21/9 di Masjid At-Taqwa, Pondok Pesantren Al-Fatah, Singkawang.

Kegiatan ini telah diberi perizinan oleh pihak pengurus Pondok Pesantren Al-Fatah. Kegiatan ini dilaksanakan setelah sholat Isya di masjid At-Taqwa, Pondok Pesantren Al-Fatah, Singkawang dan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan kajian malam yang dilaksanakan pada malam hari di hari Jum’at, 17/9/2021.

Adapun yang diamanahi sebagai narasumber pada kegiatan kali ini adalah Ahmad Yani, selaku mahasiswa PPL. Ahmad Yani memberikan materi lanjutan terkait penafsiran surah Al-Fatihah mulai dari ayat ke-empat hingga ayat terakhir. Kegiatan ini turut dihadiri oleh seluruh mahasiswa PPL yang bertugas di Pondok Pesantren Al-Fatah, Singkawang yang terdiri dari Muammar Khalid, Maimunah dan Muhammad Raafi Cahyabuana.

“Memperdalam penafsiran surah al-Fatihah sangat penting terutama bagi kita selaku umat beragama Islam. Kita sering membaca al-Fatihah di setiap sholat kita, namun sangat disayangkan tidak banyak di antara kita memahami maksud dan makna di balik apa yang telah kita baca selama ini. Oleh karenanya semoga dengan adanya kajian kitab Tafsir Al-Muyassar mulai dari pembahasan Isti’adzah hingga surah al-Fatihah ayat terakhir dapat bermanfaat bagi para santri maupun bagi pemateri pribadi,” ujar Ahmad Yani, selaku mahasiswa PPL, program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, IAIN Pontianak.

OSIS atau mudabbir yang bertugas di Pondok Pesantren Al-Fatah, Singkawang turut membantu dalam menjaga ketenangan suasana selama agenda berlangsung. Dengan demikian, agenda ini dapat berjalan dengan lancar.

Penulis: Ahmad Yani
Editor: D. Darmadi

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *