|

Latihan Pidato Bersama Anak Binaan LPKA Anak II B

 

Pontianak, – fuad.iainptk.ac.id,  Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak baru-baru ini mengadakan kegiatan yang sangat berarti dengan anak-anak binaan Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Anak II B. Kegiatan ini bertajuk “Latihan Pidato Bersama” yang bertujuan untuk memberikan keterampilan berbicara di depan publik kepada anak- anak tersebut. Jumat, 13/10.

Dalam kegiatan yang berlangsung di aula LPKA Anak II B Pontianak  mahasiswa PPL IAIN Pontianak berkolaborasi dengan staf LPKA Anak II B untuk memberikan pelatihan berbicara kepada anak-anak binaan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pendidikan dan rehabilitasi yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi anak-anak.

Pada kegiatan ini, mahasiswa PPL memberikan panduan mengenai teknik-teknik berpidato, cara mengatur berbicara yang efektif, dan cara mengelola kecemasan saat berbicara di depan umum. Mereka juga memberikan contoh-contoh pidato yang baik dan berkesan serta memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berlatih pidato di depan rekan-rekannya.

Mahasiswa/i PPL IAIN Pontianak, yang beranggotakan 4 orang yakni; Rahmad Maulana, Alief Al Ikhsan, Suryani, dan Lutfiah Salsabilah menyatakan, “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi kami dalam memberikan pendidikan yang bermanfaat kepada anak-anak binaan LPKA Anak II B. Kami percaya bahwa keterampilan berbicara di depan umum adalah keterampilan penting yang akan membantu mereka dalam reintegrasi atau bentuk penyusuain diri dengan masyarakat sosial di masa depan.”

 

Anak-anak binaan LPKA Anak II B sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka dengan tekun berlatih pidato dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada mahasiswa PPL IAIN Pontianak atas kesempatan ini.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi anak-anak binaan, tetapi juga memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa PPL IAIN Pontianak dalam mengaplikasikan pengetahuan mereka di dunia nyata. Kegiatan seperti ini menciptakan hubungan positif antara perguruan tinggi dan lembaga pemasyarakatan serta membantu mempersiapkan anak-anak binaan untuk masa depan yang lebih cerah.

Kegiatan “Latihan Pidato Bersama” ini adalah salah satu contoh bagaimana pendidikan dan pemberdayaan dapat memainkan peran penting dalam membantu anak-anak binaan untuk membangun keterampilan dan pengetahuan yang dapat membantu mereka saat kembali ke masyarakat.

Editor: Didi Darmadi

Similar Posts