|

Momen Bahagia, Mahasiswa FUAD IAIN Pontianak Launching 6 Buku Jelang Pergantian Tahun

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Telah diadakan kegiatan Launching Buku Akhir Tahun oleh Tim Rumah Literasi dan Jurnal (RLJ) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak pada hari Jumat, 30/12. Sebanyak 6 buah buku dilaunching dalam kegiatan ini yang mana 3 diantaranya adalah buah karya Mahasiswa/i program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir semester 5 kelas A.

Dwi Rahmi Hastuti, salah satu penulis buku mengungkapkan kebahagiaannya bisa menulis dan menerbitkan bukunya.

“Saya sangat bersyukur diberi kesempatan untuk membukukan karya saya, dan saya mewakili teman-teman prodi IAT 5A mengucapkan terimakasih kepada Tim RLJ FUAD IAIN Pontianak yang telah bekerja secara antusias dalam proses pembukuan dan proses pelaksanaan launching buku ini. Harapan saya kegiatan literasi semacam ini terus berlanjut dan semoga saya berkesempatan untuk meluncurkan karya-karya selanjutnya,” ungkap Dwi.

Penulis Dewi Nurul Rahmah juga turut memberikan tanggapan atas launching bukunya di penghujung tahun 2022.

“Saya sangat mengapresiasi acara launching buku yang diadakan oleh RLJ FUAD IAIN Pontianak dan saya ucapkan ribuan terimakasih kepada para tim di balik layar. Melalui momen tersebut saya dan teman-teman berkesempatan untuk memiliki karya yang dapat dikenang dan bermanfaat bagi umat. Tidak lupa, saya mewakili teman-teman IAT 5A mengucapkan terimakasih kepada Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag selaku dosen pengampu mata kuliah Tafsir Tahlili dan Ahmad Ghozali, M.Ag selaku dosen pengampu makul Manahij Mufassirin fii Tafsir yang telah mendampingi dalam proses 3 karya yang ada,” tutur Nurul.

Nurul juga menambahkan “Saat proses pembukuan saya turut pula berkesempatan menjadi editor. Hal tersebut membuat saya bersyukur mendapat pengalaman yang amat berharga. Saya berharap dengan adanya kegiatan literasi semacam ini dapat membantu mahasiswa berpikir kritis,” ujarnya.

Tanggapan dan ungkapan dari perwakilan penulis IAT 5A tersebut menunjukkan bahwa mereka amat bersyukur dan bahagia atas kesempatan yang ada. Karya-karya mereka diantaranya berjudul, “Memahami Perempuan dalam Tafsir Surat an-Nisa’ (Studi Tafsir Metode Tahliliy)”, dan “Tafsir Abad Pembaharuan: Wacana, Ideologi, dan Eksistensi” serta “The Thoughts of Classic Interpretation Figures: Dari Konsep Transmisi dan Transformasi Nalar Penafsiran.”

Karya-karya yang membahagiakan harus terus dilestarikan demi memperluas wawasan dan pengetahuan berliterasi. Bukan hanya itu, literasi dapat membantu untuk berpikir secara kritis dalam mengamati dan menanggapi segala persoalan, membuat otak bekerja lebih optimal, dan mengasah kemampuan dalam menangkap dan memahami informasi dari bacaan.

Penulis: Qory Fasdatul Jannah
Editor: D. Darmadi JA

Similar Posts