| |

Mahasiswa IAT FUAD IAIN Pontianak Adakan Latihan Pengetikan Bersama Santri Syifaul Qulub Pontianak

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Sabtu, 25/09, Mahasiswa program studi Ilmu Al-Qur’an dan Hadits (IAT) FUAD IAIN Pontianak yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengadakan kegiatan latihan pengetikan bagi santri pondok pesantren Syifaul Qulub Kota Pontianak.

Mendengar kata santri sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Santri dikenal sebagai seorang yang sedang menempuh pendidikan dilembaga pondok pesantren.

Seorang santri tentunya banyak sekali mengeyam pendidikan ilmu agama, baik itu Al-Qur’an, Hadits, Fiqih, Nahwu dan lain sebagainya. Disamping menimba ilmu agama yang banyak, para santri jarang sekali berinteraksi dengan media sosial, komputer, dan dunia maya hal itu karena memang di pondok pesantren sendiri melarang santri untuk menggunakan alat alat komunikasi seperti handphone dan Laptop. Hal ini tentu menjadikan santri kaku dan minim ilmu teknologi sehingga membuat mereka kurang terbiasa menggunakan alat alat komunikasi tersebut.

Hadirnya Mahasiswa IAT yang sedang melaksanakan program PPL, tentu menjadi angin segar bagi para santri untuk lebih banyak belajar tentang pengalaman dan ilmu Al-Qur’an lainnya. Berbagai macam program kerja yang disusun oleh mahasiswa PPL mulai dari mengajar santri sampai dengan mengajarkan santri tata cara mengetik dan menggunakan microsoft word.

Program kerja ini sangat didukung oleh pihak pondok pesantren, mengingat para santri memang sangat minim mengetahui fitur-fitur laptop dan microsoft word.

Ustadz Aris, S.Ag selaku kepala sekolah di pondok pesantren Syifaul Qulub sangat mendukung program kerja tersebut. “Silakan kalian ajarkan santri-santri itu untuk mengetik dan ajarkan mereka membuat surat supaya para pengurus santri bisa membuat surat dan mengetik dengan baik sehingga bisa membantu proses adminisrrasi pondok”, ujar ustadz Aris.

Semoga program kerja yang telah dirancang bisa berjalan dengan baik dan mahasiswa PPL berharap para santri tidak hanya memahami ilmu agama tapi memahami juga dasar-dasar ilmu teknologi.

Penulis: Sukma Maulana
Editor: D. Darmadi

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *