| |

Mahasiswa PPL Ikut Serta Membangun Interaksi Sosial Dengan Berolahraga di SLB Autis Kalbar

Pontianak, (fuad.iainptk.ac.id) –  Mahasiswa magang dari Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah, jurusan Psikologi Islam, turut serta dalam kegiatan olahraga bersama anak-anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autis Pontianak. Kegiatan ini merupakan bagian dari program magang mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dalam mendampingi anak-anak dengan disabilitas.

Kegiatan olahraga ini diadakan di halaman sekolah, dengan suasana yang penuh keceriaan dan semangat. Mahasiswa yang mengenakan seragam biru turut berinteraksi secara aktif dengan anak-anak, memberikan dukungan dan semangat saat berolahraga. Dengan panduan dari guru pendamping, anak-anak autis diajak untuk mengikuti berbagai gerakan olahraga ringan, yang bertujuan untuk melatih koordinasi motorik dan meningkatkan interaksi sosial mereka.

Para mahasiswa tidak hanya sekadar mendampingi, tetapi juga belajar banyak dari cara anak-anak tersebut merespons dan berpartisipasi dalam kegiatan fisik. Mereka turut berperan dalam menciptakan suasana yang inklusif, di mana setiap anak merasa diterima dan didukung.

Salah satu mahasiswa, Aimmatul Wasilah, mengatakan bahwa pengalaman ini memberikan wawasan berharga mengenai pendekatan psikologi terhadap anak-anak dengan disabilitas, terutama dalam hal membangun kepercayaan diri dan keterampilan sosial. “Ini adalah pengalaman yang sangat bermakna bagi kami sebagai mahasiswa, karena bisa langsung berinteraksi dan belajar dari anak-anak di SLB Autis. Kami berharap bisa terus berkontribusi dalam mendukung perkembangan mereka,” ujarnya.

Sekolah SLB Autis Pontianak sendiri memiliki program yang dirancang khusus untuk membantu anak-anak dengan spektrum autisme dalam mengembangkan kemampuan akademis maupun keterampilan sosial mereka. Kegiatan olahraga bersama ini merupakan salah satu bentuk stimulasi yang bermanfaat dalam mendukung perkembangan anak-anak di sekolah tersebut.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerja sama antara dunia pendidikan tinggi dan sekolah khusus dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus di Kota Pontianak.

Penulis : Aimmatul Wasilah

Similar Posts