fbpx
Home / Berita / Tingkatkan Mutu Fakultas, UPM FUAD IAIN Pontianak Kunjungi LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tingkatkan Mutu Fakultas, UPM FUAD IAIN Pontianak Kunjungi LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Selasa, 8/12, Unit Penjaminan Mutu di tingkat Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak, kunjungi Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kunjungan tersebut dilakukan merupakan upaya menambah wawasan dan informasi tentang mutu lembaga dan akreditasi prodi khususnya di tingkat fakultas.

Kunjungan (Studi Banding) yang laksanakan selama tiga hari oleh Anggota UPM FUAD IAIN Pontianak bersama Bapak Irsyad Selaku Kapus Akreditasi, turut membahas beberapa informasi penting oleh LPM di UIN Suka dalam meningkatkan Mutu dan Akreditasi lembaga. Beberapa infrormasi penting yang disampaikan, diantaranya penyampaian informasi dan Strategi LPM dalam meningkatakan akreditasi dan Mutu Lembaga di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Infromasi dan Strategi yang disampaikan, menurut Bapak Irsyad berupa pembagian tusi masing-masing kompenen akreditasi di pecah menjadi lima kepala pusat, yang terdiri dari Kapus  Standar Mutu, Kapus Audit Mutu, Kapus Akreditasi Mutu, Kapus Analisis Informasi, Kapus Kurikulum, untuk menunjang maksimalisasi kinarja dalam mendukung proses peningkatan mutu lembaga. Sehingga, sistem kerjanya bisa tersutruktur, yaitu mulai dari Mutu di PSMP (Ditingkat Prodi) dan PSMF (Ditingkat Fakultas) semuanya terpusat di LPM, dengan SK dari Rektor, ujarnya.

Kemudian startegi teknisnya, Beliau menambahakan bahwa dengan sistem terpusat tersebut, PSMP dan PSMF di masing-masing fakultas menjadi perpanjangan tangan dari LPM, terutama dalam mengawal mutu masing-masing di prodi dan fakultas. Pada kesempatan yang sama juga, beliau menyebutkan bahwa sarana dan prasarana yang tersedia dan dukungan SDM yang memadai, juga menjadi faktor penting guna meningkatkan nilai akreditasi, sebagaimana saat ini dari 62 prodi sudah ada 35 prodi (50%) yang terakreditasi A sisanya akreditasi B dan C. Selain itu juga dijelaskan, Tusi Masing-masing PSMP dan PSMF mengawal dan Menginput data kelengkapan Borang akreditasi salam tahun berjalan, kedalam Dasboarad masing-masing Prodi. Cara Startegi Teknis Lainnya di UIN Jogja ini, Bapak Irsyad menjelaskan bawha biasanya mereka menentukan tiga Tahapan dalam mendorong maksimalisasi persiapan akreditasi yaitu ada AMI, lalu ATL dan Terakhir ada AME.

Setelalah melakukan Kunjungan, Pihak UPM FUAD IAIN Pontianak berharap agar mampu mengambil banyak pelajaran penting dari pihak LPM UIN Suka Yogyakaea, khususnya dapat diterapkan juga di FUAD guna memaksimalkan Persiapan akreditasi dan meningkatkan standar mutu di masing-masing prodi di tahun mendatang. BA.

Penulis Bob Andrian

Editor: Junaidi Abidin

About adminfuad

Check Also

MUBES – V HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Sukses Menetapkan Formatur Baru

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Rabu, 20/01,lalu,  Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com