fbpx
Home / Berita / Tim Gugus Penjamin Mutu FUAD IAIN Pontianak Ikuti Pelatihan AMI-PT

Tim Gugus Penjamin Mutu FUAD IAIN Pontianak Ikuti Pelatihan AMI-PT

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Senin, 08/06, Al-Fakhri Zakirman, Selaku Ketua beserta Tim Gugus Penjamim Mutu Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, mengikuti Pelatihan Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi (Sertifikasi Internasional AMI KAN/ISO/17024) yang diselenggarakan oleh P2SDM-LPPM IPB University Bogor Indonesia. Pelatihan AMI-PT yang berlangsung salama enam hari terhitung mulai tanggal 08 Juni – 13 Juni 2020, yang dimulai dari pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut, disampaikan oleh para pakar audit dan asesor yang kompeten dibidangnya. Materi yang disampaikan diantaranya, materi tentang Pengertian, Perencanaan dan Pelaksanaan AMI (Audit Mutu Internal), Praktik Audit Dokumen dan Audit Lapangan, Praktik Penyusunan Laporan Audit, Praktik Presentasi Hasil Temuan Audit, Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), materi Kode Etik AMI, materi tentang Risk Based Audit Berbasis SPME serta sharing pengalaman Mengisi Instrumen Akreditasi 9 Standar oleh Para Narasumber dengan Seluruh Peserta.

Dr. Wonny A Ridwan, MM, salah satu narasumber dalam pelatihan AMI tersebut menyampaikan bahwa setiap pihak yang terlibat dalam penjaminan mutu internal di Perguruan Tinggi memiliki kewajiban penting untuk memastikan betul kondisi yang ada diinternal benar-benar telah sesuai dengan kenyataan, bukan malah sebaliknya. Dr. Woni juga menambahkan bahwa sekarang ini setiap Auditor harus punya prinsip “menyelesaikan masalah tanpa masalah”, tuturnya.

Melalui Pelatihan AMI-PT ini, Dr. Ismail Ruslan, M.Si selaku Dekan FUAD IAIN Pontianak, berharap kepada Tim Gugus Penjamin Mutu Fakultas dapat memahami dengan baik materi pelatihan yang didapatkan. Sehingga hasil dari pelatihan yang diikuti ke depannya dapat menunjang dalam pengembangan mutu internal baik itu di tingkat Program Studi, Fakultas dan juga lembaga IAIN Pontianak.

Pada kesempatan yang sama, Al-Fakhri Zakirman selaku Ketua beserta Tim Gugus Penjamin Mutu FUAD mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan support yang cukup tinggi dari pihak lembaga baik itu Pimpinan di fakultas maupun IAIN Pontianak, sehingga Tim Gugus Penjamin Mutu dapat mengikuti pelatihan yang cukup penting bersertifikat internasional ini. Al-Fakhri juga berharap dengan adanya apresiasi yang tinggi ini, menjadi motivasi tersendiri bagi Tim dan semua pihak terkait terutama dalam mewujudkan visi lembaga yaitu “Ulung dan Terbuka dalam Kajian dan Riset Keilmuan, Keislaman, serta Kebudayaan Borneo”.

 

Penulis: Bob Andrian

Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Perdana, Prodi IAT IAIN Pontianak Gelar Webinar Internasional Tafsir Moderasi Beragama

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *