fbpx
Home / Berita / Survei KDZ, Mahasiswa PPL FUAD IAIN Pontianak Turun Bersama BAZNAS Sambas

Survei KDZ, Mahasiswa PPL FUAD IAIN Pontianak Turun Bersama BAZNAS Sambas

Sambas – fuad.iainptk.ac.id, Rabu, 15/07/, kelompok PPL dari program studi Manajemen Dakwah FUAD IAIN Pontianak melakukan survei Kajian Dampak Zakat (KDZ) saat PPL di BAZNAS Kabupaten Sambas,

Samsi, S.Kom.I selaku staf bidang pendistribusian BAZNAS Kabupaten Sambas mengatakan bahwa “Survey KDZ ini merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bersinergi dengan BAZNAS dan LAZ yang ada di Indonesia. Program ini yang terpilih di Kalimantan Barat yaitu Kabupaten Sambas, tepatnya di Kecamatan Sejangkung Desa Sulung”, tuturnya.

“Adapun survei yang dilakukan adalah untuk mengetahui pendapatan sebelum dan sesudah menerima bantuan dari BAZNAS”, sambung Samsi.

Saat melakukan survei, Rozali dan kawan-kawan mahasiswa PPL dari program studi Manajemen Dakwah FUAD IAIN Pontianak mendapat informasi dari salah satu mustahik yang bernama Abdul Latif “Bantuan dari BAZNAS ini sangat membantu bagi keluarga kami yang memerlukan perkembangan dari segi ekonomi maupun ibadah”, ujarnya.

“Adapun jenis zakat yang diterima dari BAZNAS di Desa Sulung Kecamatan Sejangkung ini termasuk bantuan zakat produktif (bantuan modal usaha) yang mustahik gunakan untuk beternak ayam”, ujar Rozali.

Penerima zakat produktif di Desa Sulung Kecamatan Sejangkung berjumlah 10 orang yang terdiri dari 4 orang yang belum berkeluarga dan 6 sudah berkeluarga.

Progarm ini sudah berjalan dalam kurun waktu satu tahun. Enam (6) dari sepuluh (10) mustahik yang menerima bantu tersbut masih bertahan hingga saat ini.

Setelah berjalannya program bantuan zakat produktif dalam setahun terakhir, hanya ada tersisa 6 orang yang masih aktif dalam menjalankan program bantuan dikarenakan ada yang meninggal dan bekerja di luar daerah.

Program ini berdampak positif terhadap mustahik terutama segi ekonomi. Sehingga sebelumnya sebagai mustahik menjadi muzakki. Salah satunya Abdul Latif yang dulunya tidak ada penghasilan, sekarang sudah berpenghasilan 1.300.000 rupiah/ bulan.

Penulis: Rozali
Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

PPL Berakhir, Mahasiswa FUAD IAIN Pontianak Tambah Pengalaman

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Rabu, 13/10, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak melakukan penutupan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com