fbpx
Home / Berita / Sahabat IAIN Pontianak – FUAD IAIN Pontianak Sukses Gelar Bedah Buku Perempuan di Tanah Para Raja

Sahabat IAIN Pontianak – FUAD IAIN Pontianak Sukses Gelar Bedah Buku Perempuan di Tanah Para Raja

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Sahabat IAIN Pontianak yang bekerjasama dengan IAIN Pontianak Press, dan FUAD IAIN Pontianak mengadakan acara kegiatan Bedah Buku yang diselenggarakan di IAIN Pontianak, Rabu, 20/1 di Aula Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan secara Offline tetapi juga online melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung juga di akun Instagran Sahabat IAIN Pontianak dan akun youtube FUAD IAIN Pontianak.

Bedah Buku dengan judul Perempuan di Tanah Para Raja “Titik Temu antara Qasim Amin dan Pendidikan Islam”, ditulis oleh 3 orang penulis hebat, diantaranya Putriana, M. Pd, Dr. Firdaus Achmad, S. Hum dan Dr. Hariansyah, M. Si. Narasumber selaku pembedah buku adalah Bapak Dr. KH. Marzuki Wahid, M. Ag. yang merupakan dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan juga sebagai pendiri ISIF (Institut Studi Islam Fahmina) Cirebon.

Perjalanan buku ini merupakan hasil dari sebuah tesis yang kemudian di rekomendasikan untuk dibukukan. Buku ini berisi mengenai tokoh yang bernama Qasim Amin, yang merupakan tokoh feminis muslim pertama. Banyak yang tidak mengetahui bahwa tokoh feminis awal ini justru datangnya dari laki-laki. Banyak sejarah dan pandangan-pandangan dari berbagai tokoh-tokoh feminisme yang perlu diketahui. Maka dari itu lahirlah buku ini.

Peserta cukup antusias mengikuti acara, terlihat para peserta yang datang, baik yang hadir secara langsung di Aula Syekh Abdul Rani maupun yang hadir secara online seperti via zoom dan siaran langsung. Peserta yang bergabung tidak hanya dari Kota Pontianak saja tapi juga beberapa daerah di Indonesia, diantaranya seperti Surabaya, Bandung, dan Jombang.

Acara berlangsung lancar, dimulai dengan adanya penampilan Hadrah Annisawiyah dan pembukaan oleh MC, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan-sambutan dari ketua panitia oleh Ummu Kalsum dan Founder Sahabat IAIN Pontianak oleh Novianto, pembacaan doa, dan dilanjutkan penyerahan acara dari MC ke moderator yang kemudian akan memandu jalannya acara bedah buku.

Marzuki Wahid selaku pembedah buku yang hadir dan bergabung secara online melalui aplikasi zoom, menyampaikan pandangannya terkait Buku Perempuan di Tanah Para Raja. Beliau juga mengatakan “buku ini sangat bagus dan luar biasa, saya sudah membacanya dari awal hingga akhir”. Tidak lupa juga Bapak Marzuki memberikan selamat kepada penulis-penulis buku.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian pengantar, sinopsis dan resensi buku oleh para penulis yang hadir langsung di Aula Syekh Abdul Rani. Tidak lupa para penulis buku pun di berikan sertifikat penghargaan. Dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab oleh peserta dan narasumber. Peserta yang bertanya ada dari online melalui aplikasi zoom dan juga secara offline bagi peserta yang hadir.

Diakhir acara ada pembagian doorprize dan juga kuis behadiah bagi peserta yang hadir di Aula Syekh Abdul Rani. Kuis berisi pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan acara bedah buku. Berbagai pertanyaan dilontarkan dan para peserta pun sangat bersemangat dan antusias untuk menjawabnya.

Penulis: Walidya Hisani

Editor: Junaidi Abidin

About adminfuad

Check Also

SKPI Buktikan Keahlian dan Prestasi Alumni FUAD IAIN Pontianak

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Pimpinan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com