Home / Berita / Ratusan Mahasiswa FUAD IAIN Pontianak Ikuti Pelesiran Literasi

Ratusan Mahasiswa FUAD IAIN Pontianak Ikuti Pelesiran Literasi

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Ratusan mahasiswa peserta Rumah Literasi Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Ponianak mengikuti kegiatan pelesiran Literasi di Museum Kalbar dan Mega Mall Pontianak. Jumat, 18/10.

Dalam kegiatan ini mahasiswa diwajibkan menulis terkait objek yang dilihat di kedua tempat tersebut. Objek utama yang wajib dinarasikan antara lain berbagai koleksi museum, kegiatan bedah buku Sultan Hamid II, pameran Literasi kalbar, dan wisata Kkuliner. Ketiga objek terakhir terletak di Mega Mall Pontianak.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menuliskan objek secara naratif.

Penanggung jawab program, Dr Yusriadi, ketika memeriksa kesiapan kegiatan sebelum turun ke lapangan mengungkapkan bahwa kegiatan ini dalam rangka memberikan warna baru dalam pembelajaran.

“Mahasiswa/peserta selama ini selalu berada di kelas. Kali ini kita berikan pengalaman baru di lapangan. Biarkan mereka berkeliling mencari objek yang menurut mereka bagus untuk dinarasikan. Biasanya akan lebih mudah menarasikan sesuatu itu kalau mereka melihat sendiri dan mengalami sendiri suatu kejadian. Jadi, biarkan mereka menemukan sendiri objek itu. Kita hanya mengantarkan mereka, sambil memandu, agar mereka dapat menulis dengan baik”. ungkapnya.

Kegiatan ini menarik para peserta, sebagaimana diungkapkan oleh beberapa mahasiswa, ketika ditanya soal pendapat mereka tentang kegiatan ini:
“Ya, cukup menarik, menyenangkan. Bisa belajar bersama teman-teman tentang budaya Kalbar”, kata Maymunah.
“Saya merasa hadir dalam suasana sejarah’, Muhammad Arjuna.
“Ini sangat menarik, untuk membuka wawasan kita tentang sejarah”, Muhammad Aris.

Sampai akhir kegiatan, mahasiswa terlihat antusias mengikuti setiap sesie yang dilalui. Out put kegiatan ini adalah tulisan naratif masing-masing peserta sebanyak minimal 500 kata.

Sumber : teraju.id

About adminfuad

Check Also

Prodi SAA – FKPT Kalbar Akan Gelar Acara Sinergi Damai Dari Kalbar Untuk Indonesia

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Dalam rangka mengimplementasikan visi dan misinya, Prodi Studi Agama-Agama (SAA) IAIN Pontianak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *