fbpx
Home / Berita / Psikologi Islam Sukses Gelar Webinar 3 Bahasa

Psikologi Islam Sukses Gelar Webinar 3 Bahasa

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah , IAIN Pontianak sukses mengadakan Webinar Bahasa Asing: Menjadi Mahasiswa Internasional (Be an International Student). Webinar dirancang oleh Kaprodi Psikologi Islam, Bapak Dr. H. Hariansyah, M.Si bersama dengan Formatur HMPS Psikologi Islam, Dedi Firmansyah dan beberapa mahasiswa Psikologi Islam. Webinar dilaksanakan dengan 3 bahasa, diantaranya Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Mandarin. Webinar ini juga diadakan sebagai kuliah pembuka Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah yang digagas oleh Prodi Psikologi Islam, yang diharapkan dapat memberi manfaat, gambaran, dan motivasi kepada pelajar dan mahasiswa agar dapat mengembangkan potensi diri.

Webinar diselenggarakan secara offline dan online. Untuk offline diadakan di Aula Syekh Abdurrani IAIN Pontianak, dengan batasan peserta 50 orang. Peserta online dapat menyaksikan dan mengikuti kegiatan webinar melalui live streaming Zoom Clouds Meeting dan youtube FUAD IAIN Pontianak.

Kegiatan Webinar berjalan lancar dengan hadirnya Dekan FUAD IAIN Pontianak, Bapak Dr. Muhammad Edi Kurnanto, S.Ag, M.Pd. dan Rektor IAIN Pontianak, Bapak Dr. H. Syarif, S.Ag, MA, yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara Webinar. Setelah sambutan dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian penyerahan MC ke moderator untuk memandu jalannya agenda acara selanjutnya yaitu talkshow bersama pemateri yang menjadi narasumber di acara webinar ini.

Jalannya talkshow bersama pemateri dibagi menjadi 3 sesi. Moderator-moderator yang memandu jalannya sesi talkshow pun merupakan mahasiswa Psikologi Islam yang menguasai Bahasa Asing. Sesi pertama menggunakan Bahasa Arab yang dipandu oleh Desta Zahratul, dengan pemateri Bapak Hefni Putra, Lc, MA yang mempunyai pengalaman kuliah di Al-Azhar University, Cairo Mesir. Sesi kedua menggunakan Bahasa Inggris yang dipandu oleh Jauhara Nabilah, dengan pemateri Ibu Fitri Susanti, S.Pd., MA, yang mempunyai pengalaman kuliah di University of Leicester, United Kindom. Sesi ketiga menggunakan Bahasa Mandarin yang dipandu oleh Febriansyah, untuk penyampaian materi dari Ibu Sri Maulidiana, S.Pd., M.TCSOL, yang mempunyai pengalaman berkuliah di Yunan Normal University,.

Dengan hadirnya pemateri-pemateri berpengalaman yang kuliah di luar negeri, tentunya juga dapat membuka gerbang bagi pelajar dan mahasiswa menuju pendidikan internasional. Mahasiswa juga dapat mempunyai pandangan terkait bagaimana untuk dapat mewujudkan diri berkuliah di luar negeri.

Disela-sela pergantian pemateri juga di tampilkan cuplikan-cuplikan video wawancara dengan beberapa petinggi ataupun pejabat kampus, dosen-dosen, dan mahasiswa IAIN Pontianak, yang berbicara mengenai tanggapan dengan diadakan Webinar Bahasa Asing ini. Para pejabat kampus dan dosen-dosen pun mendukung penuh kegiatan Webinar ini dan berharap menjadi agenda yang wajib untuk dilaksanakan, karena memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa bagi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, dan tentunya juga bagi IAIN Pontianak.

Acara berakhir dengan adanya penyampaian monolog menggunakan Bahasa Inggris oleh Imam Aryo yang merupakan Mahasiswa FTIK, IAIN Pontianak. “Well for today about the monologue I just want to tell you the conclusion of this webinar. So to be an international student there were so many ways that we have to do, of course we should do a lot of preparations, for example we should preparing our TOEFL or IELTS test, browsing the link or scholarships, make a lot of relation to the other countries”, ujar Imam.

Penulis: Walidya Hisani
Editor: Sri Wahyuni

About adminfuad

Check Also

Peran Puasa dalam Kesehatan Jiwa, Ramadhan Bersama PI (Series 2)

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Pengurus HMPS PI mengadakan talkshow Ramadhan bersama Psikologi Islam series 2 dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com