fbpx
Home / Berita / Program Studi dan HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Sosialisasi Perkuliahan Semester Genap

Program Studi dan HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Sosialisasi Perkuliahan Semester Genap

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Memasuki perkuliahan semester genap tahun akademik 2020/2021, Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) yang difasilitasi Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) melakukan pertemuan online (meet up) melalui Google Meet guna mensosialisasikan sistem perkuliahan dan tata tertib online hingga evaluasi perkuliahan semester ganjil yang lalu.

Pertemuan yang dilaksanakan pada hari Minggu (21/03), dari pukul 19.30-21.00 WIB, disampaikan oleh Sekretaris Program Studi BKI, Amalia Irfani, M.Si dan dihadiri sekitar 80 orang mahasiswa semester 2, 4 dan 6. Dalam arahannya, Amalia menjelaskan sebab perkuliahan masih dilakukan secara online. “Rapat pimpinan IAIN Pontianak, memutuskan perkuliahan semester ini masih dilakukan secara online, kalaupun ada yang ingin offline atau tatap muka, maka harus dengan Protokol ketat dan lengkap, salah satunya membuat surat pernyataan bermaterai dari orangtua mahasiswa, IAIN Pontianak belum siap untuk itu”, jelasnya.

Amalia juga menjelaskan item tentang tata tertib perkuliahan online yang disiapkan oleh Program Studi dan sudah di share ke WAG Dosen dan WAG mahasiswa per semester. Ia pun menekankan pentingnya semua mahasiswa BKI untuk menjaga adab dalam proses perkuliahan, misalnya saat menghubungi dosen mata kuliah, “BKI harus menampilkan sesuatu yang beda, sebagai identitas BKI yang bukan konseling biasa-biasa saja, tetapi konseling luar biasa”, tegasnya.

Saat dibuka sesi tanya jawab, beberapa hal juga disampaikan oleh mahasiswa terkait perkuliahan yang dilakukan online. Rata-rata mahasiswa menyampaikan keberatan mereka pada perkuliahan daring yang cukup memakan kuota internet yang biayanya melebihi pemakaian dari biasanya, dikarenakan perkuliahan banyak menggunakan internet seperti via zoom, google meet dan sejenisnya. Selain itu permasalahan jaringan internet mahasiswa yang berada diluar Pontianak, terutama daerah perkampungan yang kesulitan sinyal. Hal demikian cukup menyulitkan mahasiswa dikarenakan harus berusaha optimal dalam mendapatkan jaringan internet yang harus stabil sehingga dapat mengikuti perkuliahan.

Permasalahan-permasalahan demikian memang tidak dapat dihindari, dan cukup sulit untuk diatasi. Namun Amalia selaku perwakilan Program Studi tetap memberikan motivasi agar mahasiswa tetap semangat untuk menghadapi perkuliahan semester genap ini.

Penulis: Dwi Gusti Wulandari/Amalia Irfani
Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Peran Puasa dalam Kesehatan Jiwa, Ramadhan Bersama PI (Series 2)

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Pengurus HMPS PI mengadakan talkshow Ramadhan bersama Psikologi Islam series 2 dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com