Prodi Manajemen Dakwah IAIN Pontianak Sukses Gelar Webinar Nasional Zakat From Home

Berita Berita Prodi Manajemen Dakwah IAIN Pontianak

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Seperti yang dirasakan bersama bahwa pandemi covid-19 berdampak pada hampir di semua aspek masyarakat termasuk aspek ekonomi. Diberlakukannya social distancing dan physical distancing merata di sejumlah kota-kota besar Indonesia sangat berdampak pada ekonomi masyarakat, terlebih bagi mereka yang setiap harinya hanya ditopang oleh pendapatan pada hari itu juga. Tentunya kondisi tersebut harus menjadi perhatian serius untuk segera dientaskan.

Disisi lain, agama Islam memiliki pilar pokok rukun iman yang sangat bersentuhan dengan ekonomi kemasyarakatan yakni zakat. Ajaran islam, seperti dalam Surah Az Zariyat:19 menjelaskan bahwa di dalam harta yang lebih terdapat hak untuk diberikan kepada masyarakat miskin agar menjadi solusi bagi mereka dalam menyelesaikan masalah kemiskinan. Oleh karena itulah, Prodi MD IAIN Pontianak yang bekerjasama dengan Prodi MD UIN Sunan Ampel Surabaya berikhtiar untuk kembali mengedukasi kepada masyarakat tentang pentingnya berzakat terlebih di tengah kondisi pandemic covid-19 melalui webinar nasional “Zakat From Home”.

Disela-sela persiapan webinar, Sekretaris Program Studi  Manajemen Dakwah IAIN Pontianak, Abdullah Syifa  mengungkapkan bahwa “webinar ini akan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten untuk membahas permasalahan ekonomi ummat ditengah pandemi dan kaitannya dengan potensi zakat di Indonesia”. Selain itu, beliau mengungkapkan bahwa diakhir webinar nasional ini diharapkan mampu melahirkan rekomendasi-rekomendasi aplikatif dan inovatif terkait permasalahan ekonomi dan zakat di Indonesia baik pada aspek pendataannya, pengumpulannya, dan juga pendistribusiannya.

Webinar yang telah dilaksanakan kemarin (16/7/2020) menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Prof. KH. Masdar Farid Mas’udi yang merupakan perwakilan dari BAZNAS Pusat, Dr. H. AH. Ali Arifin, M.M sebagai praktisi ekonomi dan akademisi UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Zulkifli, MA yang merupakan sekretaris MUI Kalbar, serta Santa Rusmalita, M.Ag sebagai dosen Manajemen Dakwah IAIN Pontianak.

Editor: Junaidi Abidin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *