fbpx
Home / Berita / Perdana, Prodi Psikologi Islam Terapkan Penelitian Kolaboratif Berbasis Pelatihan Islamic Seven Daily Habits

Perdana, Prodi Psikologi Islam Terapkan Penelitian Kolaboratif Berbasis Pelatihan Islamic Seven Daily Habits

Pontianak – fad.iaintk.ac.id, Dosen dan mahasiswa Program Studi Psikologi Islam (Prodi PI) lakukan Pelatihan Penerapan 7 Nilai Al-Fatihah terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Calon Ibu dengan Kehamilan Pertama Di .Klinik Bersalin Se-Kecamatan Pontianak Selatan Tahun 2021, Sabtu,20/2

Kegiatan ini prakarsai oleh Isyatul Mardiyati, M.Psi, Psikolog selaku Sekretaris sekaligus dosen Prodi. PI, yang berkolaborasi dengan mahasiswanya yaitu Istiqomah. Hadir juga ibu Dr. Hj. Fitri Sukmawati, M.Psi, Psikolog selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Dr. H. Harjani Hefni, Lc, MA selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FUAD IAIN Pontianak sekaligus beliau juga sebagai pemegang Hak Kekayaan Intelektual karya dan pelatihan Islamic Seven Daily Habits. Ada juga jadi instruktur senam otak ice breaking, Kiki Amalia, M.Psi, membuat peserta jadi segar dan semangat mengikuti pelatihan.

Isyatul Mardiyati, menyampaikan bahwa penelitian kolaboratif ini dimaksudkan untuk melihat Pengaruh Pelatihan Penerapan 7 Nilai Al-Fatihah terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Calon Ibu dengan Kehamilan Pertama Di Klinik Bersalin Se-Kecamatan Pontianak Selatan Tahun 2021. Penelitian kolaboratif ini juga dimaksudkan sebagai penyelesaian tugas akhir mahasiswa yang kami bimbing yaitu saudari Istiqomah.

Iis, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa para peserta antusias mengikuti pelatihan ini, karena dilatih langsung oleh orang yang sudah menerapkan dan bisa membuktikan hasilnya. Mereka juga senang karena bisa berkonsultasi secara gratis dengan psikolog, serta bisa mendapat tambahan support system dengan bergabung dalam group ini, mereka bisa saling mendukung dan sharing satu sama lain selama 6 (enam) pekan ke depan.

Harjani Hefni, mengapresiasi adanya penelitian kolaboratif seperti ini, apalagi bagi dosen dan mahasiswa Program Studi Psikologi Islam adalah momen perdana, sesuai peta riset yang telah ditetapkan Dekan. Pada kesempatan tersebut, beliau menjelaskan secara detail bagaimana penerapan 7 Nilai Al-Fatihah terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Calon Ibu dengan Kehamilan Pertama.

Terpisah, Dr. H. Hariansyah, M.Si selaku Ketua Program Studi Psikologi Islam menjelaskan bahwa model penelitian seperti ini memang sudah kami rancang, yang tertuang dalam Surat Keputusan Dekan nomor 27 tahun 2021 tentang Peta riset Dosen dan Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam FUAD IAIN Pontianak. Sebagai Program Studi baru yang akan meluluskan mahasiswanya, tentu peta riset seperti ini akan memperkuat kekhasan lulusan dari Prodi PI.

Hariansyah melnajutkan bahwa ada berbagai aspek tema peta riset yang kami rancang, yaitu Seven Habits (Surah Al-Fatihah 1-7), Studi Pemikiran Tokoh Psikologi Islam, Ayat Al-Qur’an dan Hadith yang Relevan dengan Tema Psikologi, Studi Perbandingan Konsep [Pemikiran] Tokoh Psikologi Islam dengan Psikologi Modern, Pengembangan Teori, Adopsi [Integrasi] Teori Psikologi Modern Ke Psikologi Islam, Adopsi Skala Pengukuran atau dengan Modifikasi, Studi Literatur Klasik/Modern tentang Tema Psikologi [Islam], dan Kajian Psikologi Islam dalam Warisan Budaya Borneo.

Penulis: Didi Darmadi
Editor: Sri Wahyuni

About adminfuad

Check Also

SKPI Buktikan Keahlian dan Prestasi Alumni FUAD IAIN Pontianak

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Pimpinan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com