fbpx
Home / Berita / Pengurus HMPS Manajemen Dakwah IAIN Pontianak Diharapkan Paham Analisis SWOT

Pengurus HMPS Manajemen Dakwah IAIN Pontianak Diharapkan Paham Analisis SWOT

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Sabtu 07/03 di ruang sidang Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah telah dilaksanakannya kegiatan upgrading dan raker HMPS Manajemen Dakwah periode 2020 yang mengusung tema “Membentuk Karakter Kepengurusan HMPS Manajemen Dakwah yang, bertanggungjawab, kreatif dan profesional.”

Dengan narasumber Jaka Damarullah Ketua HMJ Manajemen Dakwah 2014-2015 mengajak pengurus baru untuk mengetahui kemana arah tuju program-program dari HMPS Manajemen Dakwah periode 2020 melalui analisis SWOT.

“Analisis SWOT sendiri adalah suatu metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats), baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.” Ujarnya.

“Analisis SWOT ini tidak hanya dibutuhkan di organisasi maupun perusahaan, namun segala aspek kehidupan kita pun perlu dengan analisis swot ini. Tujuannya untuk menggambarkan situasi dan kondisi yang akan dihadapi namun bukan merupakan alat analisis yang dapat memberikan solusi terhadap masalah yang dapat hadapi”. Jelasnya.

Selain itu Jaka Damarullah mengajak teman-teman pengurus mempraktekan bagaimana melakukan analisis SWOT sesuai bidang yang sudah dibentuk.

HMPS Manajemen Dakwah periode 2020 membentuk 4 bidang dalam kepengurusannya yaitu :

  1. Bidang Pemikat (Pengembangan Minat dan Bakat)
  2. Bidang Infokom (Informasi dan Komunikasi)
  3. Bidang Pendiklak (Pendidikan Akhlak dan Karakter)
  4. Bidang Kewirausahaan

Di menit terakhir penyampaiannya, Jaka Damarullah berpesan “Harus saling menghargai pendapat, disini kita belajar memanusiakan manusia. HMPS ini adalah gerbong teman-teman prodi untuk menyampaikan aspirasinya. Jadi, teman-teman harus amanah dalam bekerja, menyatukan hati sesama pengurus, membangun kerjasama, semangat, menumbuhkan rasa persaudaraan serta menumbuhkan kepercayaan antar seluruh pengurus. Selalu koordinasi dengan ketua, jangan sampai tidak selaras pemikiran dan visi-misi yang sudah menjadi tujuan.”

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”. (Q.S. As-Saff : 4)

Penulis : Ulfah Nuri Rosyana

Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Erick Nugraha Paparkan Tranformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Wujud Moderasi dalam Dunia Pendidikan

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Pemimpin merupakan seorang yang dapat mempengaruhi orang lain, dalam mengambil tindakan atau keputusan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *