fbpx
Home / Berita / Mahasiswa Manajemen Dakwah Sukses Gelar Webinar Nasional Peran Zis dalam Pemberdayaan Masyarakat

Mahasiswa Manajemen Dakwah Sukses Gelar Webinar Nasional Peran Zis dalam Pemberdayaan Masyarakat

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id,Mahasiswa Manajeman Dakwah semester 6 mengadakan kegiatan webinar nasional pada hari Sabtu, 24/7. pukul 09.00-selesai. Dengan tema Peran Zis (Zakat, Infak, Shadaqah) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Era Pandemi secara virtual melalui via zoom meeting.

Hasil dari webinar webinar Nasional yang dipandu oleh moderator yaknu Febriyanto Dwi Prasetyo dan diisi oleh ke-3 pemateri yang sangat luar biasa. Yang pertama materi disampaikan oleh Ustadz Didik M Nur haris Lc., M.A. dalam penyampaian materi beliau mengatakan “ Sejarah gemilang zakat dari kisah Umar bin Khattab yang sangat luar biasa apalagi disaat kekuasaan Umar bin Aziz yang begitu melimpahnya harta di Baitul Maal. Kemunduran Umat islam mulai dari manusia yang kikir dan menjauh dari Allah, contohnya: sering meninggalkan sholat dan sedekah. Kita mesti membangun kesadaran dan menyimpan tangan di atas lebih istimewa dari pada tangan yang di bawah, kita berbagi karena kasih sayang kita, tetapi dengan zakat yang mempunyai sifat otoritas. Sebenernya kejiwaan manusia itu pelit maka dari itu kita harus berjuang melawan nafsu untuk memberi kepada sesama. ”.

Selain itu beliau juga mengatakan kalimat yang memotivasi, yaitu:

“Orang yang tidak pernah bermimpi jangan pernah berharap akan sukses”. “Apabila kalian memberi maka kayakanlah”

Pemateri kedua disampaikan oleh bapak Muhammad Imam Muttaqin selaku Direktur Baitul Maal Munzalan Indonesia Pusat, dalam penyampain materi beliau menjelaskan, bahwa “Dirikan sholat yang mana sholat itu habluminallah yang dilaksanakan di masjid dan membayar zakat yang mana zakat itu hablumminannas”.

Beliau juga menceritakan “Ada seorang sahabat bertanya kepada rasulullah. Bagaimana agar do’a bisa cepat terkabul lalu beliau menjawab ‘wahai sahabatku jaga makananmu dari yang tidak baik jika engkau menjaga makanan yang kamu makan maka segala urusanmu Allah mudahkan’.

Kemudian, pemateri ke-3 yang disampaikan oleh dr. Cucu S.Ag., M.Ag. beliau menyampaikan tentang peran masjid dalam pemberdayaan masyarakat melalui dana ZIS. Beliau menjelaskan “masjid merupakan lembaga sebai pusat kehidupan masyarakat muslim atau pusat dari kebudayaan islam. Dakwah pemberdayaan masyarakat salah satunya gerakan dakwah yang berisifat tindakan nyata untuk mewujudkan perubahan yakni peningkatan kualitas keagamaan dan kualitas sosialnya”.

Hasil dari webinar nasional ini semua mengusung tentang bagaimana peran zakat, infaq dan sedekah di masa pandemi. Bagaimana zakat dapat memberdayakan masyarakat di masa-masa krisis pandemi covid-19.  Melalui sejarah zakat yang memotivasi kita dan membuat kita mengetahui bagaimana pentingnya zakat, infaq dan sedekah. Selain itu melalui  lembaga-lembaga zakat kita dapat membantu banyak masyarakat yang membutuhkan baik dari pendidikan, perekonomian dan juga kesehatan. Dan juga besarnya peran masjid sebagai tempat mengelola dana Zakat, infaq dan sedekah.

Editor: Sri Wahyuni

About adminfuad

Check Also

Mahasiswa PPL FUAD Ikuti Pelantikan Dewan Kemakmuran Masjid Darul Falah

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Jum’at, 17/09, mahasiswa yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) FUAD IAIN …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com