Mahasiswa Manajemen Dakwah FUAD IAIN Pontianak Anjangsana UPZ Tekarang

Berita Berita Prodi Manajemen Dakwah IAIN Pontianak

Sambas – fuad.iainptk.ac.id, Rabu, 29/9, Mahasiswa program studi Manajemen Dakwah (MD) FUAD IAIN Pontianak yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melakukan anjangsana ke Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) kecamatan Tekarang. Hal tersebut dilakukan setelah mendapat arahan dari apak Ilhamsyah selaku Ketua BAZNAS Kabupaten Sambas. Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding kepada UPZ terbaik se-Kabupaten Sambas. UPZ ini sudah dua periode diketuai oleh H. Agus Serli.

Mahasiswa yang berkunjung disambut hangat oleh pihak UPZ Kecamatan Tekarang yang tempatnya bersamaan bdengan kantor KUA Kecamatan Tekarang.

Rozali selaku ketua kelompok PPL di BAZNAS Kabupaten Sambas tidak bosan-bosannya untuk mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak UPZ Kecamatan Tekarang atas sambutannya.

Ada 5 pengurus inti UPZ Kecamatan Tekarang yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota.

“Saat ini UPZ Kecamatan Tekarang memiliki muzakki tetap dari profesi, pedagang, dan petani yang ada di Kecamatan Tekarang”, ujar H. Agus.

“Pengelolaan anggaran dari pendapatan yang berzakat adalah untuk masyarakat yang termasuk kedalam kategori 8 asnaf penerima zakat”, lanjutnya.

“Saat ini BAZNAS Kabupaten Sambas dan UPZ Kecamatan Tekarang fokus untuk memberi bantuan bedah rumah ke warga yang berada di Kecamatan Tekarang. Sampai saat ini rumah yang dibedah mencapai 36 buah rumah dan 4 buah rumah yang sedang direnovasi”, ujar Eko Rosadi.

“Strategi yang dilakukan oleh UPZ Kecamatan Tekarang ini dengan cara melakukan sosialisasi setiap hari Jumat saat menjadi petugas Khattab Jumat”, lanjutnya.

“Dalam pengembangan dari segi ekonomi, BAZNAS Kabupaten Sambas dan UPZ di Kecamatan Tekarang memberikan bantuan UMKM berupa modal usaha sebesar 1.000.000 (satu juta) rupiah dan akan dikembalikan ke UPZ dengan jangka waktu 10 bulan. Jadi, setiap sebulan dengan angsuran 100.000 (seratus ribu) rupiah perbulan tanpa bunga.
Saat ini ada 60 UMKM yang ada di Kecamatan Tekarang yang sudah diberi bantuan modal usahanya”. Lanjut H. Agus.

Harapan kedepannya, UPZ Kecamatan di Kabupaten Sambas akan semakin berkembang dan masyarakat akan sadar dengan kewajiban untuk membayar zakat.

Penulis: Rozali
Editor: D. Darmadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *