Home / Berita / Luar Biasa, Mahasiswa IAT FUAD IAINPontianak Dapat Sertifikat Bacaan Surat al-Fatihah Bersanad

Luar Biasa, Mahasiswa IAT FUAD IAINPontianak Dapat Sertifikat Bacaan Surat al-Fatihah Bersanad

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Mahasiswa Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Pontianak  mendapat kesempatan belajar membaca (talaqqi) bacaan Surat al-Fatihah bersama Syaikh Mahmud Abdul Aziz al-Misri yang merupakan pengajar Pesantren Bayt Quran, utusan Mesir dan ahli dalam ilmu Qiraat. Jumat, 27/9.

Pada awal muqaddimahnya Ia menyampaikan bahwa penting sekali bagi seorang muslimbelajar cara membaca surah al-Fatihah dengan baik dan benar. Karena tidak sah sholat seseorang apabila salah dalam membaca surah al-Fatihah. Oleh sebab itu penting bagi setiap kaum muslimin untuk belajar.”.

Setelah itu, ia langsung memandu secara kolektif seluruh mahasiswa yang hadir untuk bersama-sama membaca surah al-Fatihah. Ia membaca dan setelah itu diikuti oleh seluruh mahasiswa. Praktek tersebut di ulang sebanyak tiga kali.
Setelah selesai ia memadu, satu persatu mahasiswa di minta membaca dan dikoreksi olehnya. Baik dari segi tajwid, makhrajal huruf, serta panjang pendek bacaan.

Sekitar 40 mahasiswa yang secara bergantian membaca surah al-Fatihah dan di koreksi langsung oleh beliau.

Walaupun tidak sesempurna pelafazan orang Arab, tetapi mahasiswa berhasil melewati sesi pembacaan surah al-Fatihah dengan baik dan benar dihadapannya secara talaqqi..

Lebih kurang dua jam proses talaqqi berlangsung dan semua mahasiswa selesai membaca surah al-Fatihah.

Di akhir majlis talaqqi, ia berpesan  kepada mahasiswa agar selalu berkeinginan untuk belajar al-Quran dan mengamalkan ilmu yang di dapat.

Diakhir sesi, mahasiswa diberikan sertifikat sanad surat al-fatihah kepada tiap-tiap mahasiswa yang telah mengikuti proses talaqqi bacaan surat al-fatihah sebelumnya.

Penulis: Anang Bustami

Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Dr. Zaenudin Beri Motivasi Kepenulisan di Depan Peserta Klub Riset IAIN Pontianak

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Klub Risert Mahasiswa IAIN Pontianak resmi membuka kegiatan Orientasi & Pelatihan Manuskrip …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com