fbpx
Home / Berita / LPMQ Kemenag – IAT FUAD IAIN Pontianak Sukses Gelar Desiminasi Hasil Kajian al-Qur’an

LPMQ Kemenag – IAT FUAD IAIN Pontianak Sukses Gelar Desiminasi Hasil Kajian al-Qur’an

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Pontianak bekerjasama dengan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama Republik Indonesia menggelar Desiminasi hasil Kajian al-Qur’an dengan tema “Penguatan Literasi al-Qur’an dalam Bingkai Moderasi Bergama”, Selasa, 27/10 pagi bertempat di Aula Syekh A.Rani Mahmud IAIN Pontianak.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan FUAD IAIN Pontianak Dr.Ismail Ruslan, M.Si, Abul Aziz Sidqi sebagai Kepala Bidang Pengkajian al-Qur’an LPMQ Kemenag, Bagus Purnomo Kepala Seksi Sosialisasi Penerbitan LPMQ Kemenag, Bukhori, M.Pd Kaprodi IAT FUAD IAIN Pontianak Para dosen dan mahasiswa Prodi IAT FUAD IAIN Pontianak.

Dalam sambutannya mewakili Kepala LPMQ Kemenag, Abdul Aziz Sidqi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada IAT FUAD IAIN Pontianak atas kerjasamanya telah menggelar kegiatan desiminasi hasil kajian al-Qur’an kali ini yang sempat tertunda beberapa bulan diakibatkan oleh pandemic covid-19.

“Kegiatan ini sudah direncanakan sejak bulan Februari, Namun baru terlaksana saat ini dengan tetap memakai prtokol ksesehatan” ujarnya.

Dalam paparannya, ia juga memperkenalkan tugas dan fungsi Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur’an (LPMQ) Kementian Agama mempunya tiga bidang yakni Pentashihahan Mushaf al-Qur.an yang salah satu fungsinya ialah mentashih seluruh naskah al-Qur’an yang akan diterbitkan di seluruh Indonesia. “Ini adalah benuk kehadiran negara dalam usahanyamengawasi serta menjaga kemurnian mushaf al-Qur;an yang ada di Indonesia.” Ujarnya.

Selain itu, LPMQ juga membidangi soal pengkajian yang salah satu fungsinyta adalah merespon persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat yang berhubungan dengan al-Qur’an salah satunya penterjemahan al-Qur’an. Salah satu outputnya adalah kegiatan desiminasi yang diselenggarakan kali ini.

Bidang ketiga yang digarap oleh LPMQ adalah bidang Baitul Qur’an yakni mengelola Museum al-Qur’an dan Museum Istiqlal yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah.

Kegiatan desiminasi kali ini menurutnya bertujuan ingin menyampaikan bahwa LPMQ selama ini telah enyusun berbagai macam buku berupa tafsir, terjemah d, dan literatur yang berkaitan dengan al-Qur’an sehingga dapat disosialisasikan kepada masyarakat khususnya mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.

Dekan FUAD IAIN Pontianak menyambuat baik kegiatan kemitraan yang dilakukan antara LPMQ Kemenag dan Prodi IAT FUAD IAIN Pontianak atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan khususnya mahasiswa FUAD IAIN Pontianak.

 

“FUAD IAIN Pontianak sebagai fakultas pelopor moderasi beragama di Kalimantan Barat telah mengadakan berbagai kegiatan bersama berbagai pihak dengan tema moderasi beragama. Hal ini karena Kalbar memiliki keragamaan agama dan etnis,Keragamaan seperti ini memiliki potensi penguat namun sekaligus juga memiliki potensi pemisah, maka kajian untuk saling memahami berbagai keragaman yang ada agar kita bisa memahami bahwa kita tidak sendirian hidup di Indonesia ini. Oleh karena itu teman-tema tentang saling menghargai, menghormati , dan memaham antara satu dengan yang lainnya merupakan satu keniscayaan yang ada di Indonesia.” Ujar pria yang juga merupakan Ketua FKUB Kalimantan Barat.

Oleh karena itu, ia menyambut baik Moderasi Bergama dalam Perpespektif al-Qur’an sangat penting dalam rangka memotret moderasi beragama di Indonesia karena merupakan bagian dari realitas sosial yang terjadi di Indonesia.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi seminar yang diisi oleh Narasumber dari LPMQ yang disampaikan oleh Abdul Aziz Sidqi dan Bagus Purnomo serta Dekan FUAD IAIN Pontianak Dr.Ismail Ruslan, M.Si dan dipandu oleh Kaprodi IAT FUAD IAIN Pontianak, Bukhori,M.Pd. Para mahasiswa sangat antusiasi mengikuti kegiatan ini hingga usai menjelang waktu dhuhur.

Penulis: Didi Darmadi
Editor: Junaidi Abidin

About adminfuad

Check Also

MUBES – V HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Sukses Menetapkan Formatur Baru

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Rabu, 20/01,lalu,  Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com