Home / Berita / Kegiatan PPL IAIN Pontianak – SUPM Diperkuat Melalui MoU dan SPK

Kegiatan PPL IAIN Pontianak – SUPM Diperkuat Melalui MoU dan SPK

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Program Studi Bimbingan Konseling Islam kembali mengirimkan mahasiswanya dalam rangka program Praktik Pengalaman Lapangan di Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM)  Pontianak  yang terletak di Jalan Pembangunan Nipah Kuning, Sungai Beliung Pontianak Barat.

Kegiatan kerjasama PPL antara BKI IAIN Pontianak dan SUPM ini merupakan kegiatan yang telah memasuki tahun kelima. Kegiatan ini kemudian diperkuat melalui payung penandatanganan MoUdan Surat Perjanjian Kerjasama. antara BKI IAIN Pontianak dan SUPM melalui kegiatan Bimbingan Konseling di sekolah. Adapun penanggungjawab kegiatan ini diserahkan kepada Barriyati, M. Pd yang merupakan dosen BKI IAIN Pontianak.

PPL BKI kali ini dibimbing oleh pamong Trival Stiadik, S. Pd dan dosen Pembimbing Bella Fazny Yugi, M. Pd.

Mahasiswa di arahkan pada pelaksanaan bimbingan kelompok di kelas, yang di mulai dengan games, dan pemberian materi pengembangan.

Selain itu, mahasiswa diminta ikut menyebarkan instrumen AKPD ke siswa dan menyelesaikan ATP yang telah disebar sebelum mereka masuk PPL.

Hasil wawancara dengan mahasiswa PPL BKI, Fina, Umi, Andre, Senang, dan Putri mereka sudah melakukan bimbingan kelompok rata-rata 9 – 10 kali pertemuan. Namun belum semua dari mereka melaksanakan konseling individual. Jadwal piket di SUPM untuk mahasiswa PPL yaitu mulai pukul 13.00 – 17.00 hari Senin sampai Jumat, dan untuk piket malam, mulai 18.30 – 21.00, dilakukan secara bergiliran .

Suasana SUPM yang semi militer segala sesuatu di atur dan terjadwal, membuat mahasiswa PPL BKI, harus disiplin dan sangat berhati-hati dalam bertindak. Kondisi siswa yang di asrama membuat banyak permasalahan remaja dan budaya senioritas masih berlaku.

Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Prodi SAA – FKPT Kalbar Akan Gelar Acara Sinergi Damai Dari Kalbar Untuk Indonesia

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Dalam rangka mengimplementasikan visi dan misinya, Prodi Studi Agama-Agama (SAA) IAIN Pontianak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *