fbpx
Home / Berita / Idham Sani Ungkap Tiga Tahapan Dalam Pelaksanaan Supervisi Klinis

Idham Sani Ungkap Tiga Tahapan Dalam Pelaksanaan Supervisi Klinis

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id, Idham Sani, salah satu pembentang dari Universitas Tanjung Pura Pontianak,salah satu pemakalah di i cluster religion-education 1 dengan mengangkat judul “Implementation Of Clinical Supervision Of Principal In Improving Teacher Performance In SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi” Senin, 15/3.

Makalah ini berkenaan dengan  pelaksanaan supervisi klinis itu, Idham Sani menjelaskan tujuan dari tulisannya adalah untuk menggambarkan supervisi klinis kepala sekolah dalam proses pembelajaran di SMP.

Supervisi klinis itu sendiri dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja dari seorang tenaga didik dengan melakukan penilaian dan pengawasan.

Adapun siklusnya terdiri dari tiga tahapan, yakni pertemuan pendahuluan, pengamatan, dan pertemuan akhir. Seperti halnya yang telah dipraktekkan oleh kepala sekolah SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, yaitu pertama, melakukan pertemuan awal, dan kedua, melakukan pertemuan akhir.

“Kepala sekolah hendaknya mengerti tentang pengertian supervisi, jangan sampai kepala sekolah tidak tahu supervisi. Karena tugas kepala sekolah adalah mensupervisi bawahannya, guru-guru.” Sarannya

Penulis: Fatmawati Uswatun Hasanah

Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Semarakan Ramadhan, HMPS BKI Ajak Mahasiswa Ngabuburit Online Bareng

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Pandemi covid 19 tidak menyurutkan semangat dan kreativitas mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *