HMPS BKI Gelar Pelatihan Kemampuan Dasar Akademik

Berita Berita Prodi BKI IAIN Pontianak

 

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan konseling Islam (BKI) FUAD IAIN Pontianak mengadakan kegiatan pelatihan akademisi mahasiswa baru angkatan 2022 pada Jum’at dan Sabtu, 23-24 September 2022. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan pemateri dari dosen BKI yang sangat mumpuni dibidangnya.

Adapun serangkaian kegiatannya adalah adanya materi mengenai karya tulis hingga memahami konsep diri. Tema yang digunakan dalam kegiatan tersebut yaitu “Menggali Potensi Akademisi Mahasiswa BKI Yang Kreatif dan Berwawasan Luas”, dengan menghadirkan 2 pemateri yang berkompeten dibidang karya tulis dan konseling, ibu Bella Yugi Fazny, M.Pd yang merupakan penyuluh antikorupsi tersertifikasi LSP KPK sekaligus Dosen BKI IAIN Pontianak , dan bapak Abdul Aziz, M.A selaku dosen BKI IAIN Pontianak.

Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja dari HMPS BKI yang sudah terencana sejak awal kepengurusan. Dalam hal ini pihak program studi pun sangat mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan ini. Pada saat ini program studi tengah dalam masa promosi guna meningkatkan akreditasi serta minat pelajar untuk kuliah di FUAD IAIN Pontianak dengan mengambil program studi BKI sebagai pilihan utama.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi BKI, Dwi Gusti Wulandari menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai media untuk menggali potensi mahasiswa serta meningkatkan kreativitas dan wawasan para mahasiswa baru dalam kepenulisan dan yang pastinya ingin menambahkan wawasan peserta tentang konsep diri agar mereka dapat mengenali diri sendiri sebelum menganali diri dari konseli. Atau dalam arti lain agar kegiatan ini dapat menjadi bekal para mahasiswa baru sebelum menginjak ke mata kuliah yang berhubungan dengan konseling.

Tidak hanya mendapatkan materi atau arahan dari narasumber, namun para peserta juga dapat langsung mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari dengan membuat karya tulis berbentuk makalah dengan tema yang telah di berikan. Selain itu HMPS BKI juga memberikan reward bagi kelompok penulis dengan hasil tulisan terbaik, dengan niatan semoga para mahasiswa menjadi termotivasi untuk terus meningkatkan skill kepenulisan dan wawasan dalam hal kepenulisan agar kedepannya para mahasiswa baru telah mendapatkan bekal terkait dengan tugas yang akan di berikan dalam perkuliahan ataupun dalam hal kepenulisan lainnya.

Dr. Hesty Nurrahmi, M.Pd selaku ketua Program Studi BKI, secara langsung menyampaikan:

“Kami mengapresiasi HMPS BKI yang membuat sebuah kegiatan yang sangat berkualitas dan juga bermanfaat bagi para mahasiswa baru prodi BKI angkatan 2022 ini. Kami selalu mensupport mahasiswa-mahasiswa BKI untuk senantiasa meningkatkan kreativitas, kegiatan kali ini mengangkat tema Menggali Potensi Akademis Mahasiswa BKI yang Kreatif dan Berwawasan Luas, saya yakin sangat bermanfaat untuk mahasiswa BKI khususnya. Saya sangat senang sekali dengan kegiatan ini dan sangat mengapresiasi HMPS karena dengan kreativitasnya dari panitia sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” tutur Bu Hesty.

Materi yang disampaikan oleh kedua narasumber sangat berhubungan dengan tema yang digunakan, yaitu bagaimana caranya membuat makalah atau karya tulis yang baik dan dapat terhindar dari plagiarisme. Karena fakta yang terjadi masih banyak mahasiswa yang kurang paham mengenai plagiarisme dan bagaimana cara agar terhindar dari hal tersebut. Selain itu materi konsep diri juga disampaikan dengan sangat baik walaupun dengan penjelasan yang tidak mendalam namun dapat dilihat dari antusiasme para peserta bahwa mereka dapat menerima materi tersebut dengan sangat baik.

Partisipan yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 40 peserta yang berasal dari HMPS BKI dan juga mahasiswa baru Prodi BKI angkatan 2022. Hal ini juga menjadi potensi yang besar sebagai penambah wawasan dari para mahasiswa baru dan dapat membawa nama baik program studi BKI FUAD IAIN Pontianak. Harapannya ke depan adalah, HMPS BKI tetap semangat dalam terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang juga diharapkan mampu memberikan banyak manfaat bagi yang mengadakan maupun yang mengikuti kegiatan tersebut.

Penulis: Dinda Galuh Permata Putri
Editor: D Darmadi JA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *