fbpx
Home / Berita / HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Webinar Nasional Online Konseling Ramadan

HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Webinar Nasional Online Konseling Ramadan

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Senin, 26/4, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan Konseling Islam (BKI) FUAD IAIN Pontianak adakan Webinar Nasional Online Ramadan dengan tema Inovasi Konselor Islam Dalam Pendekatan Sukses Mencapai Taqwa Di Bulan Ramadhan. Menghadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidang konseling, Bapak Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag. yang merupakan Ketua Umum Perkumpulan Ahli Bimbingan dan Konseling Islam Indonesia (PABKI), yang juga sebagai dosen UIN Bandung dan Bapak Dr. Muhammad Edi Kurnanto, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak, yang juga merupakan Dosen BKI IAIN Pontianak.

Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja HMPS BKI yang sudah terencana dari awal kepengurusan. Dalam hal ini, pihak Program Studi sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan. Mengingat saat ini Program Studi tengah dalam masa promosi untuk meningkatkan akreditasi dan minat pelajar untuk kuliah di FUAD IAIN Pontianak dengan mengambil Program studi BKI sebagai pilihan utama.

Ketua panitia, Muhammad Andryan Arta dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan yang berskala nasional ini adalah sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan dalam konseling dengan memanfaatkan keutamaan di bulan Ramadan, yang pastinya adalah menambah pengetahuan tentang bagaimana seharusnya seseorang yang berada dalam dunia konseling mampu meningkatkan keimanan terutama di bulan Ramadan.

Dr. Hesty Nurrahmi, M.Pd selaku Ketua Program Studi BKI, secara terpisah menyampaikan “Kami mengapresiasi kepada HMPS BKI yang mampu membuat kegiatan berskala nasional ditengah keterbatasan karena pandemi Covid-19. Kami akan selalu mensupport mahasiswa-mahasiswa BKI untuk meningkatkan kreativitasnya, baik ditingkat lokal maupun nasional bahkan internasional, kami siap membantu menghubungi para narasumber yang berasal dari kampus atau mitra luar, terutama untuk penguatan kompetensi dan jaringan kerjasama mahasiswa BKI”, tutur bu Hesty.

Materi yang disampaikan oleh kedua narasumber sangat berhubungan dengan tema, yaitu bagaimana memanfaatkan diri khususnya yang berhubungan dengan konseling dalam mengambil dan memanfaatkan bulan Ramadan sebagai media pengembangan diri dan meningkatkan iman. Maka sejatinya seorang konselor adalah seorang yang mampu membenahi cara pandang konseli nya serta mengimplementasikan/mendorong nilai nilai islam dalam menyelesaikan permasalahan. Karena Konselor dalam Islam adalah dai. Maka untuk menjadi orang yg bertakwa hendaknya kita bercermin kepada mereka yang bertakwa agar meningkat rasa semangat kita untuk terus belajar takwa.

Partisipan yang mengikuti kegiatan ini berjumlah lebih dari 200 peserta yang berasal dari dalam hingga luar Kalimantan Barat. Hal ini juga menjadi potensi yang besar sebagai media promosi dan membawa nama baik Program Studi BKI FUAD IAIN Pontianak. Harapan ke depannya adalah, HMPS BKI tetap semangat dalam terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang juga diharapkan mampu memberikan banyak manfaat bagi yang mengadakan maupun yang mengikuti kegiatan tersebut.

Penulis: Dwi Gusti Wulandari
Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Peran Puasa dalam Kesehatan Jiwa, Ramadhan Bersama PI (Series 2)

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Pengurus HMPS PI mengadakan talkshow Ramadhan bersama Psikologi Islam series 2 dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com