fbpx
Home / Berita / HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Sukses Gelar Webinar Pemberdayaan Media Digital untuk Konseling

HMPS BKI FUAD IAIN Pontianak Sukses Gelar Webinar Pemberdayaan Media Digital untuk Konseling

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Ahad 27/6, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan Konseling Islam (BKI) FUAD IAIN Pontianak mengadakan kegiatan Webinar BKI dengan tema “Pemberdayaan Media Digital Untuk Konseling”. Menghadirkan 2 narasumber yang berkompeten dibidang Media Digital dan Konseling, Bapak Arga Satrio Prabowo, M. Pd. Yang merupakan kepala laboratorium jurusan Bimbingan konseling Universitas Sultan Agung Tirtayasa.Dan Ibu Bella Yugi Fazni, M. Pd. Selaku Dosen BKI IAIN Pontianak.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja HMPS BKI yang sudah terencana dari awal kepengurusan. Dalam hal ini, pihak program studi mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan. Mengingat saat ini Program Studi tengah dalam masa promosi untuk meningkatkan minat pelajar untuk kuliah di IAIN Pontianak dengan mengambil jurusan BKI sebagai pilihan utama.

Ketua panitia, Aby Sefwiedfri Bitarsa dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan webinar ini adalah sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan dan memanfaatkan media digital untuk konseling, serta menambah pengetahuan bagaimana seseorang yang berada di dunia konseling mampu memanfaatkan media digital terutama dalam  mengembangkan media konseling di masa pandemi seperti ini.

Dr. Hesty Nurrahmi,M.Pd selaku Ketua Program Studi Bimbingan Konseling Islam, secara terpisah menyampaikan “ini adalah kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa dan umum,dan kegiatan ini merupakan kegiatan Webinar yang kesekian kalinya oleh HMPS BKI dan saya sangat mengapresiasi itu. Webinar kali ini mengangkat tema pemberdayaan media digital untuk konseling, saya yakin sangat bermanfaat untuk mahasiswa BKI khususnya, karena memang pada saat ini konseling sangat penting dilakukan melalui media apalagi dimasa pandemi seperti ini, media adalah hal yang sangat penting sebagai sarana konseling. Saya sangat bangga sekali dengan kegiatan ini dan sangat mengapresiasi kepada panitia dan HMPS walaupun dalam keadaan pandemi, dan kami mendukung sepenuhnya walaupun pihak Program Studi tidak bisa memfasilitasi dengan baik. Bahkan dengan kreativitas dari para panitia, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik” tutur bu Hesty.

Dr. Muhammad Edy Kurnanto,M.pd. selaku dekan Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah(FUAD) IAIN Pontianak, memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara webinar BKI pada hari ini. Beliau menuturkan “semakin kesini, di masyarakat kita semakin banyak problem yang bermunculan seperti promblem rumah tangga mauoun problem pembelajaran yang sampai saat ini tidak bisa di lakukan secara tatap muka, nah disatu sisi semua problem itu membuat kita menjadi praktis dalam melaksanakannya namun disisi lain bagi mereka yang tidak akrab dengan dunia teknologi, itu juga akan menambah problem. Nah pada hari ini, kita akan memberikan pengenalan di bidang teknis, semoga itu semuq dapat membuka wacana kita dalam pengetahuan IT kita, terutama dalam media untuk layanan bimbingan Konseling, sehingga kita sebagai calon ilmuan tetap bisa melakukan layanan bimbingan Konseling walaupun kondisinya kita tidak dapat bertemu secara langsung. Mudah-mudahan acara kita pada hari ini berjalan lancar dan dapat di ridhoi oleh Allah Swt.” Ujarnya.

Materi yang disampaikan oleh kedua narasumber sangt berhubungan dengan tema,  yaitu bagaimana memanfaatkan media digital untuk layanan bimbingan Konseling sehingga kita akan terus bisa melakukan layanan BK walaupun dimasa pandemi seperti ini.  Maka sejatinya seorang konselor adalah seseorang yang mampu membenahi cara pandang konseli nya serta dapat memanfaatkan segala media yang ada untuk menunjang layanan bimbingan Konseling nya. Karena jika kita dapat memanfaatkan semua media yang ada baik itu media digital ataupun media yang lain maka kita akan bisa memberikan layanan yang bermanfaat bagi orang lain.

 

Partisipan yang mengikuti kegiatan ini berjumlah kurang lebih 150 peserta yang berasal dari mahasiswa BKI dan juga umum di luar mahasiswa yang berasal dari dalam hingga luar kalimantan Barat. Hal ini juga bisa menjadi potensi besar sebagai media promosi dan membawa nama baik program studi BKI FUAD IAIN Pontianak. Harapan kedepannya semoga, HMPS BKI tetap semangat dan terus membuat kegiatan yang diharapkan mampu memberikan manfaat bagi yang mengadakan kegiatan maupun yang mengikuti kegiatan tersebut.

 

Penulis: Chika Lestari

Editor: Sri Wahyuni

About adminfuad

Check Also

Mahasiswa PPL FUAD Ikuti Pelantikan Dewan Kemakmuran Masjid Darul Falah

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Jum’at, 17/09, mahasiswa yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) FUAD IAIN …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com