fbpx
Home / Berita / Forum Diksa, HMPS SAA Kolaborasi HMPS MD

Forum Diksa, HMPS SAA Kolaborasi HMPS MD

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Sabtu 3/4,
Himpunan Mahasiswa Program Studi Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengadakan Diksa kali ini berkolaborasi dengan HMPS Manajemen Dakwah FUAD IAIN Pontianak, tema yang diangkat kali ini mengenai “Terorisme dan Agama: Memang Ada Hubungannya?”.

Tema ini diangkat oleh bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) HMPS SAA untuk menanggapi aksi terorisme yang terjadi di Makassar dan Mabes Polri, yang akan didiskusikan pada hari ini.

Pembahasan kali ini dibawa oleh dua pembicara yaitu Aida sebagai mahasiswa SAA dan Febriyanto sebagai mahasiswa MD. Febriyanto mengucapkan tidak sepakat bahwa agama dan terorisme ini ada hubungannya karena ini merupakan tuduhan dari suatu oknum yang memang ingin merusak dalam hal keagamaan. Febriyanto berangkat dari perkataan ulama-ulama bahwa agama tidak mengajarkan kekerasan.

Di sisi lain, Aida mengatakan bahwa agama dan terorisme bisa saja berhubungan. Karena ada oknum yang sengaja memanfaatkan identitas agama maupun membentuk opini yang mengidentikkan agama dan terorisme. Namun, sejatinya tidak ada ajaran agama yang menganjurkan kekerasan pada umatnya.

Muhammad Tauvan sebagai perwakilan dari bidang PSDM HMPS SAA menyampaikan “Meskipun sederhana, namun kegiatan diskusi yang dilakukan secara kontinyu tentu dapat membuka wawasan dan melihat kasus dari berbagai sudut pandang. Ke depannya, kami mengusahakan agar forum Diksa terbuka untuk umum dan dapat berkolaborasi dengan pihak lain”, ujarnya.

Penulis: Sultan
Editor: Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Mahasiswa Manajemen Dakwah Sukses Gelar Webinar Nasional Peran Zis dalam Pemberdayaan Masyarakat

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id,Mahasiswa Manajeman Dakwah semester 6 mengadakan kegiatan webinar nasional pada hari Sabtu, 24/7. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com