fbpx
Home / Berita / Erick Nugraha Paparkan Tranformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Wujud Moderasi dalam Dunia Pendidikan

Erick Nugraha Paparkan Tranformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Wujud Moderasi dalam Dunia Pendidikan

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Pemimpin merupakan seorang yang dapat mempengaruhi orang lain, dalam mengambil tindakan atau keputusan. Keberadaan seorang pemimpin dalam satu kelompok diharapkan dapat membawa perubahan ke arah positif. Sukses mencapai visi misi dari keberadaan kelompok tersebut.

Ada berbagai model kepemimpinan, satu di antaranya kepemimpinan tranformasional.  Model kepemimpinan transformasional memrupakan model kepemimpinan yang mampu memberikan semangat, motivasi kepada seluruh bahawannya melalui visi, misi dan semangat. Erick Nugraha  dalam paparannya  mengangkat tentang bagaimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas di Bengkayang, dalam agenda ICRHD 2020 FUAD IAIN Pontianak, Senin 16/3.

Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif ini menggambarkan bahwa model kepemimpinan transformasional dapat membuat pekerjaan guru di sekolah menjadi lebih baik. Utamanya dalam melaksanakan administrasi pembelajaran di sekolah.

Melalui penelitiannya, mahasiswa Megister administrasi pendidikan dari Universitas Tanjungpura ini menyebutkan bahwa, kepemimpinan transformasional merupakan salah satu wujud dari moderasi di dalam dunia pendidikan. Pemaran hasil penelitian berlangsung sekitar lima belas menit, diakhiri oleh tepuk tangan sembilan belas peserta yang hadir dalam cluter education yang dipimpim oleh Abdullah Syifa, sebagai moderator.

Penulis: Saripaini

Editor: DIdi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Semarakan Ramadhan, HMPS BKI Ajak Mahasiswa Ngabuburit Online Bareng

PONTIANAK – fuad.iainptk.ac.id,Pandemi covid 19 tidak menyurutkan semangat dan kreativitas mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *