Dialog Kosmis: Isi Tausiyah Pakar Komunikasi Islam Di Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang

Berita Berita Prodi KPI IAIN Pontianak

Ketapang – fuad.iainptk.ac.id, Melanjutkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Prof. Dr. Ibrahim MS, MA diminta mengisi tausyiah subuh di Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang, yang dihadiri para jama’ah dan pegiat subuh keliling. Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad, 6/11.

Setelah subuh Sabtu sebelumnya diisi Ustadz Dr. H. Harjani Hefni, Lc, MA, giliran pada Ahad Prof. Dr. Ibrahim MS, MA mengisi tausiyah, disela kegiatan sebagai Dewan Hakim pada MTQ XXX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Ketapang.

Prof. Dr. Ibrahim MS, MA menyampaikan pentingnya pembelajaran komunikasi yang terdapat dalam Al-Qur’an, terutama dialog kosmis yangbterjadi didalamnya.

“Kita perlu melihat dan memahami pembelajaran komunikasi dalam Al-Qur’an, terutama dialog kosmis antara Allah, Malaikat, Iblis, dan Adam tentang pemilihan Adam sebagai khalifah dimuka bumi,” paparan awal profesor komunikasi penyiaran Islam satu-satunya di Indonesia ini.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa inti pembelajaran dialog kosmis yang dikisahkan dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 30-34 antara lain:

“Allah Swt mengajarkan kita penting membangun komunikasi yang baik untuk memahamkan dan menyadarkan kepada umat manusia, baik dalam kontek pendidikan Islam maupun komunikasi dan dakwah,” urai beliau.

“Kita perlu waspada dengan sifat azali iblis yang selalu merasa hebat, lebih baik dan mulia dari Adam sehingga enggan bersujud. Manusia yang dalam dirinya selalu merasa lebih baik dari orang lain akan cenderung menghalangi diri menerima kebenaran dan kebaikan pada orang lain. Sebaliknya memunculkan sikap keangkuhan dan kesombongan,” tutup Profesor termuda IAIN Pontianak ini, yang berasal dari Nanga Jajang Kabupaten Kapuas Hulu.

Penulis: D. Darmadi JA
Editor: Ulya