fbpx
Home / Berita / Cegah Plagiasi, FUAD IAIN Pontianak Akan Terapkan Aplikasi Turnitin Originality

Cegah Plagiasi, FUAD IAIN Pontianak Akan Terapkan Aplikasi Turnitin Originality

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Bertempat di Aula A. Rani Kamis (18/03), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Turnitin Originality guna pencegahan plagiasi karya ilmiah. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur pimpinan dan mengundang seluruh dosen tetap Program Studi. Adapun narasumbernya yaitu tim dari LP2M, Dr. Imron Muttaqin, M.H.I, M.Pd selaku Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan.

Dekan FUAD, Dr. Muhammad Edi Kurnanto, M.Pd yang langsung membuka kegiatan berharap kegiatan ini mampu membuat kesepahaman antara Fakultas, Program Studi dan Dosen untuk lebih teliti melihat dan menilai kualitas tulisan mahasiswa, khususnya dalam penyusunan skripsi. “Ke depan akan ada pemeriksaan plagiasi yang langsung akan dihandle oleh Prodi, setelah Prodi memberikan kelayakan skripsi mahasiswa telah lulus plagiasi,  maka akan diterbitkan surat keterangan bebas plagiasi dari fakultas”, tegasnya.

Kegiatan Penjelasan Penerapan Aplikasi Turnitin Originality, disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Pontianak Dr. Imron Muttaqin, M.Ag, yang didampingi oleh beberapa staf LP2M.

Dalam penyampaiannya, Imron Muttaqin berharap adanya persamaan persepsi tentang pentingnya  penggunaan Turnitin sebagai salah satu aplikasi atau software untuk mendeteksi plagiarisme karya akademik dosen dan mahasiswa. Persamaan persepsi penting tegasnya, sebab akan mempengaruhi tidak saja kualitas karya ilmiah Fakultas atau Program Studi, tetapi juga untuk Lembaga IAIN Pontianak.

Penulis        : Amalia Irfani

Editor          : Didi Darmadi

About adminfuad

Check Also

Peran Puasa dalam Kesehatan Jiwa, Ramadhan Bersama PI (Series 2)

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Pengurus HMPS PI mengadakan talkshow Ramadhan bersama Psikologi Islam series 2 dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com