BERLIAN Syiar Ramadan IAT FUAD IAIN Pontianak

Berita Berita Fakultas

Pontianak – fuad.iainptk.ac.id, Kamis, 13/04, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) sukses menyelenggarakan kegiatan BERLIAN (Berbagi Kemuliaan Dibulan Ramadan). Kegiatan tersebut dilaksanakan di pondok pesantren modern Hilyatul Mustafa Al-Qudwa di daerah Danau Sentarum. Kegiatan tersebut dimulai setelah Sholat Ashar.

Kegiatan BERLIAN yang dilaksanakan HMPS IAT sangat diterima dengan baik oleh ustadz dan santri disana.

Adapun rangkaian giat dimulai dengan penampilan hadrah dari santri Pondok pesantren Hilyatul Mustafa Selanjutnya disambung oleh beberapa sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua HMPS IAT Bilal Gifran. Dalam sambutannya ia menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak pondok pesantren karena telah menerima kami untuk melakukan kegiatan disini dan ia juga menyampaikan bahwa mahasiswa tidak hanya membutuhkan teori yang didapat dikelas akan tetapi juga praktek di lapangan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada pihak pondok. Dengan kunjungan kami ke pondok ini diharapkan kami sebagai mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang telah kami dapati dikelas untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat,” ujarnya.

Setelah sambutan yang disampaikan oleh ketua umum HMPS IAT dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh pimpinan pondok pesantren modern Hilyatul Mustafa Ustadz Uzla Maulana, S.Ud, M.Ag dalam sambutannya beliau juga mengucapkan terima kasih karena kami Pengurus HMPS IAT telah berkenan hadir dipondok yang sederhana ini, beliau juga mengatakan bahwa pondok ini bukan hanya tempat untuk menghafal Al-Qur’an saja namun disini mereka diajarkan seperti menghafal hadis, ulumul hadis, menghafal nadhom dan juga diajarkan metode indeks Qur’an.

“Selain itu dipondok ini tak hanya itu juga ustazd Uzlah juga memberi kesempatan bagi kami para pengurus HMPS IAT yang ingin mengikuti pembelajaran dipondok tersebut,” jelas beliau.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan dengan buka bersama dengan para santri dan sholat maghrib bersama di surau Ar-Rahman. Setelah selesai sholat maghrib dilanjutkan dengan makam bersama dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Penulis : Siti Zahraini dan Tri Ayu Puji Lestari
Editor: D. Darmadi JA